SMSI

SMSI
Jumat, 08 Desember 2023, 22:25 WIB
Last Updated 2023-12-08T15:25:41Z
MedanPoldasuTerauma healing

Kembalikan Harapan dan Ketahanan Psikologis, Tim Trauma Healing Polda Sumut Turun ke Humbahas

Tim terima healing Polda Sumut. (Foto/Istimewa).

Humbahas - nduma.id


Banjir bandang di Kabupaten Humbahas bukan hanya merusak infrastruktur fisik, tetapi juga memberi dampak psikologis bagi para korban. 


Karena itu, Polda Sumatera Utara memberikan dukungan psikososial atau trauma healing sebagai langkah pencegahan dan penanganan dampak psikologis dari bencana alam di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja itu.


Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi, mengatakan, sebanyak 24 personel terlatih sebagai konselor diturunkan membantu memberikan penanganan trauma healing kepada masyarakat korban.


Trauma healing ini diberikan dengan metode konseling individual, kelompok, permainan ceria untuk anak-anak, serta teknik relaksasi. 


Dalam program ini, masyarakat yang menerima dukungan psikologis adalah anak-anak, orang tua, lansia, dan petugas.


"Masyarakat yang menerima program trauma healing itu diantaranya anak-anak, orang tua, lansia serta petugas," katanya, Jumat (8/12/2023).


Mengembalikan harapan dan ketahanan psikologis para korban adalah tujuan utama dari trauma healing. 


Hadi mengatakan program ini dirancang untuk membantu membangun dan memulihkan ketahanan psikologis para korban pasca bencana banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Humbahas. 


"Trauma healing yang diberikan dengan metode konseling individual, kelompok, permainan ceria untuk anak-anak serta relaksasi," ungkapnya.


Selain itu, para korban juga diberikan pembekalan keterampilan untuk mengatasi tekanan psikologis serta dukungan dalam mengakses layanan praktis lainnya.


"Selain itu memberikan pembekalan kepada para korban dengan dukungan psikologis berupa keterampilan mengatasi tekanan psikologis serta menyediakan koneksi ke layanan praktis lainnya," tandas Hadi.


Penulis : Rudi

Editor : Novel