SMSI

SMSI
Kamis, 28 Desember 2023, 21:17 WIB
Last Updated 2023-12-28T14:17:21Z
DairiNatalOprasi Lilin TobaPolisiTahun Baru

Memastikan Keamanan Penumpang, Polres Dairi Tes Urine Supir Bus Umum

Petugas melakukan test urine. (Foto/Dok.Humas Polres Dairi).

DAIRI, Sidikalang - nduma.id


Polres Dairi melakukan pemeriksaan tes urine terhadap supir angkutan umum, tepatnya di depan Pos Pelayanan Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo, Kamis 28 Desember 2023. 


Kapos Pelayanan TWI Sitinjo, Iptu Doni Saleh mengatakan pemeriksaan dilakukan untuk memastikan para supir angkutan umum terbebas dari konsumsi obat terlarang yang dapat membahayakan keselamatan penumpang dan keamanan jalan.


"Kami melakukan pengecekan urin terhadap supir untuk memastikan agar terbebas dari obat terlarang, " ujarnya.


Dalam pemeriksaan tersebut, Polres Dairi bekerja sama dengan TNI, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dalam menjamin keselamatan mereka. 


Selain tes urine, petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kendaraan untuk memastikan kelayakan jalan sehingga faktor kecelakaan dapat diminimalisir.


"Kami juga melakukan pemeriksaan terhadap kondisi ban, rem, dan lainnya sehingga dipastikan dalam kondisi layak jalan , sehingga meminimalisir terjadinya faktor kecelakaan," ujar Donni. 


Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa dari 10 supir angkutan umum yang dilakukan tes, semuanya dinyatakan negatif mengkonsumsi narkotika. 


Hal ini mengindikasikan bahwa langkah pemeriksaan urine adalah langkah yang positif dalam menjaga keamanan dan keselamatan pengguna angkutan umum.


Dalam mengemudikan kendaraan, keselamatan pengguna jalan menjadi tanggung jawab setiap orang, terutama bagi para supir angkutan umum. 


"Kami menghimbau untuk selalu berhati - hati di perjalanan dan selalu menjaga kesehatan. Kami mendoakan agar para supir bisa selamat sampai di tujuan dan bisa berkumpul bersama keluarga," tandas Donni.


Oleh karena itu, para supir harus selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengutamakan keselamatan penumpang dan dirinya sendiri.


Penulis : Rudi

Editor : Son