Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 20 Desember 2023, 12:38 WIB
Last Updated 2023-12-20T05:38:07Z
Kamar Dagang IndonesiaMusyawarah DaerahPengusahaSiantar

Musyawarah KADIN Simalungun, Bupati Harapkan Dampak Positif Untuk Kesejahteraan Simalungun

Suasana Musda Kadin Simalungun. (Foto/Ari).

SIANTAR - nduma.id


Musyawarah Kamar dagang dan industri (KADIN) Kabupaten Simalungun VI di gelar di Convention Hall, Siantar Hotel, Rabu, 20 Desember 2023.


Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga sebagai penasehat KADIN  mengatakan jika Kadin merupakan rumahnya para pengusaha sesuai UU No.1 tahun 1987.


"Kadin ini rumahnya yang mempunyai visi dan misi yang sama untuk mengembangkan sayap bisnisnya dimanapun berada. Makanya organisasi ini yang pertama kali saya temui ketika dilantik sebagai Bupati," kata Radiapoh.


KADIN merupakan organisasi yang mewadahi para pengusaha Indonesia, sekaligus mitra strategis pemerintah dalam mendorong pergerakan dunia usaha di Indonesia. 


Dengan peran tersebut, KADIN memiliki tanggung jawab untuk mendorong perbaikan iklim investasi di tanah air


KADIN bisa menjembatani kebijakan birokrasi dan kepentingan pengusaha dalam peningkatan infrastruktur jalan dan pemeliharaan.


Muskab ke VI itu sekaligus pengukuhan pengurus Kadin Simalungun Periode 2023-2028 dilakukan langsung oleh Ketua Kadin Sumut.


"Selamat kepada pengurus terpilih untuk menjalankan programnya 5 tahun ke depan yang diharapkan berdampak positif dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Simalungun," tuturnya.


Bupati berharap, melalui Kadin Simalungun dunia usaha di Simalungun bisa terus bertumbuh untuk kepentingan masyarakat juga menjalankan mitra strategis Pemkab Simalungun untuk mensejahterakan masyarakat. 


Mampu berinovasi dan berkreasi membangun perekonomian rakyat.


Bupati juga optimis Rumah Kadin pasti dan sangat membantu pemerintah khususnya dalam serapan tenaga kerja. 


"Bersama masyarakat membangun tanah Simalungun, Bumi Habonaron Do Bona," tandasnya 


Satben Rico Damanik, Ketua Kadin Simalungun terpilih mengatakan kolaborasi seluruh pengurus Kadin Simalungun menjadi hal penting dalam mensukseskan program-programnya ke depan. 


Ia yakin dengan komitmen bersama, Kadin Simalungun akan mampu memberikan sumbangsih positif dalam pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara khususnya di Kabupaten Simalungun.


Ia berharap Kadin Simalungun menjadi rumah bagi para pengusaha demi peningkatan perekonomian Kabupaten Simalungun. 


Kepengurusan Kadin menjadi jembatan untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah mewujudkan Simalungun Sejahtera.


"Kadin adalah tempat pengusaha seluruh Indonesia, pengusaha yang ada di Simalungun baik pengusaha bidang transportasi, industri tekstil, teknik, perdagangan, pariwisata ada pengusaha kecil juga UMKM yang melakukan eksport yang harus kita jembatani untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Simalungun," katanya.


Kadin Sumut Fyrsal Mutyara dalam arahan dan bimbingannya berharap kepengurusan Kadin Simalungun yang baru dilantik mampu memberikan warna positif dalam peningkatan perekonomian di Kabupaten Simalungun.


"Saya berharap besar pada Kadin agar kedepan dapat lebih baik lagi dan ciptakan inovasi baru, karena ke depan yang kita butuhkan adalah inovasi terbarukan yang fokus pada Pendidikan Vokasi,” terang Fyrsal.


Penulis : Ari

Editor : Rudi