SMSI

SMSI
Minggu, 03 Desember 2023, 13:55 WIB
Last Updated 2023-12-03T06:55:20Z
Banjir BandangMedanPartogam

Partogam Sumut Buka Donasi Untuk Bencana Humbang Hasundutan

Kondisi rumah pasca di hantam Banjir. (Foto/ Istimewa).

Medan - nduma.id


Partogam Sumatera Utara (Sumut) membuka donasi untuk membantu korban bencana longsor di Simangulampe, Bakkara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. 


Ketua Umum Partogam Sumut, Dr. Ir Sanco Simanullang, S.T., M.T, IPM, ASEAN Eng, mengajak seluruh keturunan (Pomparan) Partogam Sumut, Kabupaten/Kota, dan masyarakat untuk membantu korban bencana yang terjadi pada Jumat, 1 Desember 2023, dari malam hingga dini hari.


Menurut Sanco, bantuan dalam bentuk apapun, seperti uang, makanan, material, dan kebutuhan pokok lainnya, sangat berguna untuk meringankan penderitaan korban yang tengah berada di tempat penampungan sementara. 


Partogam Sumut mengucapkan belasungkawa mendalam kepada keluarga yang kehilangan orang tercinta baik material dalam bencana tersebut dan berharap suport kemanusiaan yang diberikan mampu meringankan beban mereka.


Partogam Sumut mengajak seluruh elemen masyarakat supaya sama-sama berdoa untuk keselamatan warga yang terdampak bencana dan selalu waspada karena saat ini curah hujan masih tinggi di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan. 


Pihaknya juga menyampaikan bagi masyarakat yang ingin menyalurkan sumbangan, dapat berhubungan dengan kontak person yang sudah disediakan.


Untuk transparansi, nama donatur baik pribadi maupun korporat akan dimuat di berbagai media. 


Sumbangan dana dapat disalurkan melalui transfer ke rekening Bank BNI 1777777860 atas nama Partogam Sumatera Utara.


Ketua Partogam Humbang Hasundutan, Dr. Pardomuan Simanullang, S.Pd., M.Pd menyatakan bahwa komunitas Siraja Oloan telah mendirikan dapur umum serta posko bencana untuk membantu keluarga korban di penampungan sementara. 


Saat ini, kondisi terdapat 13 orang korban, 1 meninggal dunia, 1 selamat, dan 11 orang masih dalam pencarian petugas dan masyarakat.


Turut hadir dalam rapat sejumlah pengurus Provinsi dan Kabupaten antara lain, Wakil Ketua Umum Dr. Saroha Manullang, S.E., M.M, Sekretaris Umum Bontor Simanullang, S.Sos., M.S.P, Bendahara Umum Portim Manullang, S.IP., M.E, Wakil Sekretaris Ramsus Manullang, S.E, Ketua Partogam Dairi-Papak Barat, Ketua Partogam Sibolga-Tapteng, dan Ketua Partogam Toba.


Bencana longsor di Bakkara terjadi pada Jumat, 1 Desember 2023, sekitar pukul 21.30 WIB, dan menimpa Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.


Penulis: Yustin 

Editor: Rudi