Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 05 Desember 2023, 22:34 WIB
Last Updated 2023-12-10T15:37:59Z
DairiPenyandang Disabilitas

Pemkab Dairi Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2023, Meningkatkan Kesetaraan Penyandang Disabilitas

Bupati Dairi memotong kue bersama penyandang Disabilitas. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Setiap tahun, tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Penyandang Disabilitas Internasional untuk menunjukkan kepedulian terhadap para penyandang disabilitas di seluruh dunia.


Di Kabupaten Dairi, peringatan ini diapresiasi dengan penyerahan bantuan sosial berupa kursi roda dan tripod pada Senin 4 Desember 2023 di Gedung Nasional Djauli Manik.


Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu, memimpin upacara penyerahan bantuan tersebut bersama beberapa camat dan Ketua TP. PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata Eddy Berutu.


Dalam pidato Bupati, dia menyatakan bahwa penyandang disabilitas layak untuk mendapatkan hak yang sama dengan manusia lainnya tanpa diskriminasi.


Mengingat saat ini belum semua negara memiliki mekanisme yang memadai untuk para penyandang disabilitas, inklusi disabilitas harus menjadi hal penting dalam perencanaan, pengembangan, dan pengambilan keputusan dalam sistem kesehatan.


“Hari ini, dan satu-satunya di Sumatera Utara menggelar peringatan bersejarah ini untuk membuktikan bahwa Pemkab Dairi hadir di tengah masyarakat secara khusus penyandang disabilitas walaupun ditengah keterbatasan anggaran tetap memberi perhatian penuh. Kita bertekad, program ini akan tetap bisa berjalan di tahun-tahun mendatang,” kata Bupati.


Tema Hari Penyandang Disabilitas Internasional 2023, "United in action to rescue and achieve the SDGs for, with and by persons with disabilities," memanggil untuk mengambil tindakan berguna demi mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) untuk, bersama dan oleh para penyandang disabilitas.


Lebih dari 1,3 miliar orang di seluruh dunia saat ini hidup sebagai penyandang disabilitas, yang mewakili sekitar 16% dari populasi global.


Kondisi fisik atau mental yang berbeda mengharuskan mereka memiliki risiko kesehatan lebih tinggi dan keterbatasan dalam beraktivitas sehari-hari.


Oleh karena itu, penyandang disabilitas perlu memperoleh partisipasi dan pemberdayaan yang sama seperti orang lain.


“Kita ingin secara terus menerus meningkatkan kesetaraan. Bagi saya kalian adalah keajaiban yang membuat kami tetap semangat dalam kerja. Kalian adalah bukti hidup, ketangguhan kalian menghadapi kesulitan patut kami tiru,” ujar bupati.


Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Kabupaten Dairi diselenggarakan selama 2 hari.


Hari pertama ditujukan sebagai upacara peringatan sekaligus penyerahan 26 kursi roda dan 1 tripod.


Sedangkan pada hari kedua, akan diadakan pemantauan dan bimbingan mental dan psikologis bagi 75 penyandang disabilitas.


Kegiatan ini sangat penting sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Dairi dalam meningkatkan kesetaraan dan menghormati hak mereka.


Ini merupakan langkah awal penting dalam membangun masyarakat yang inklusif, yang tidak memandang seseorang dari kondisi fisik atau mentalnya.


Penulis : Rudi

Editor : Son