Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Sabtu, 09 Desember 2023, 23:04 WIB
Last Updated 2023-12-10T16:07:13Z
DairiDiseminasiStunting

Pemkab Dairi Upaya Mencegah Stunting Melalui Diseminasi Hasil Audit Kasus Tahap 2

Kadis Kesehatan Dairi memberikan Kit Siap Nikah. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Upaya mencari akar penyebab masalah stunting terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi, dengan mengadakan diseminasi hasil audit kasus stunting tahap 2.


Kegiatan ini digelar di Gedung PLUT KUMKM Raja Ekuten Asah Ujung Van Keppas, Kecamatan Sidikalang, Jumat, 8 Desember 2023 dihadiri berbagai pihak, termasuk Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi, Henry Manik.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi dalam sambutannya menjelaskan bahwa diseminasi audit kasus stunting memiliki tujuan untuk mengidentifikasi risiko terjadinya stunting pada kelompok sasaran seperti remaja putri, calon pengantin, ibu hamil, ibu bersalin, dan balita stunting berbasis keluarga.


“Diseminasi audit kasus stunting merupakan salah satu strategi yang dilakukan untuk menemukan akar dari penyebab stunting. Sehingga perlu dilakukan pencegahan stunting dengan sebaik mungkin, tepat sasaran sehingga tidak terjadi lagi kenaikan kasus stunting khususnya di Kabupaten Dairi,” ucapnya.


Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menganalisis risiko, memberikan rekomendasi penanganan masalah kasus stunting, serta upaya pencegahan yang harus dilakukan untuk mengurangi kasus stunting di Kabupaten Dairi.


Henry juga menjelaskan bahwa pertemuan ini dihadiri oleh tim pakar, yaitu spesialis anak dr. Elisabet, spesialis kandungan dr. Bonar Sinaga, dan ahli gizi dalam merumuskan akar penyebab stunting di Kabupaten Dairi berdasarkan identifikasi yang telah dilakukan pada bulan November lalu terhadap keluarga berisiko stunting.


“Pertemuan audit kasus stunting bertujuan meningkatkan kapasitas dan kualitas peserta, serta petugas kesehatan puskesmas yang di desa agar memiliki pengetahuan, pemahaman, serta kepedulian masalah stunting setelah diperoleh hasil diseminasi audit kasus stunting yang dipaparkan”, ucapnya.


Salah satu tujuan diseminasi audit kasus stunting ini adalah untuk meningkatkan kapasitas peserta, serta petugas kesehatan di puskesmas agar memiliki pengetahuan, pemahaman, serta kepedulian pada masalah stunting setelah diperoleh hasil diseminasi dari audit kasus stunting yang telah dipaparkan.


Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dan petugas kesehatan dapat bekerja sama dalam mencegah dan menangani masalah stunting dengan cara yang tepat dan efektif, sehingga tidak terjadi lagi kenaikan kasus stunting khususnya di Kabupaten Dairi.


Penulis : Rudi

Editor : Son