Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Minggu, 24 Desember 2023, 17:27 WIB
Last Updated 2023-12-25T10:31:53Z
MedanNatalPoldasuTahun Baru

Pengamanan Natal, 9.898 Gereja di Sumut Dijaga Polisi

Kapoldasu meninjau pos pengamanan nataru di depan Medan Mall. (Foto/Istimewa).

Medan - nduma.id


Perayaan Natal 2023, Polda Sumatera Utara melaksanakan pengamanan sebanyak 9.898 gereja yang ada Sumut.


Sedangkan di Kota Medan, terdapat 34 gereja yang akan mendapat pengamanan saat Perayaan Natal. 


Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, mengharapkan petugas Perayaan Natal dapat memastikan keamanan dan kenyamanan selama perayaan Natal di tempat ibadah.


"Ada 9 personel yang di tempat di setiap gereja untuk melaksanakan pengamanan terpadu pada Perayaan Natal di Sumatera Utara," ungkapnya.


Dikatakan kehadiran personel keamanan dalam upaya pengamanan Perayaan Natal tidak hanya berada di gereja. 


Mereka juga menjaga jalur mudik dan berbagai lokasi rawan. 


Operasi Lilin Toba 2023 yang dilaksanakan oleh Polda Sumut selama 14 hari menurunkan sebanyak 12 ribu personel gabungan untuk melaksanakan pengamanan Nataru.


Dengan pengamanan ketat oleh pihak kepolisian, diharapkan Perayaan Natal 2023 masyarakat yang melaksanakan ibadah di gereja merasa aman dan berjalan khidmat. 


Seluruh pihak diharapkan dapat bekerjasama dan saling menjaga untuk menjamin kesuksesan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.


"Kita harapkan Perayaan Natal 2023 masyarakat yang melaksanakan ibadah di gereja merasa aman dan berjalan khidmat," harap mantan Asops Kapolri tersebut.


Sebagai bentuk keamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, meninjau Pos Pengamanan Nataru Medan Mall di Jalan MT Haryono, Kecamatan Medan Kota, Minggu 24 Desember 2023.


Disana Kapolda mengecek kesiapan personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, puskesmas serta unsur pemerintahan yang melaksanakan tugas pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 di Kota Medan.


Penulis : Rudi

Editor : Son