SMSI

SMSI
Sabtu, 16 Desember 2023, 12:42 WIB
Last Updated 2023-12-16T05:42:49Z
Kode Etik JurnalistikPersatuan Wartawan IndonesiaTOBA

Masuk PWI Tidak Hanya Pintar Menulis Tapi Harus Paham KEJ

Pengurus PWI Sumut saat melaksanakan ujian tulis. (Foto/James Sirait).

Medan- nduma.id


Untuk menjadi seorang wartawan profesional harus melalui proses yang sangat panjang, terutama saat ingin  menjadi anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).


Tidak hanya pintar membuat berita, seorang wartawan profesional juga harus mematuhi sejumlah rambu rambu kejurnalistikan terutama Kode Etik Jurnalistik (KEJ).


Demikian disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut Farianda Putra Sinik saat menghadiri kegiatan seleksi penerimaan anggota muda PWI di Ballroom Hotel Madani Jalan Sisingamangaraja Medan, Sabtu 16 Desember 2023.


"Untuk menjadi anggota PWI apa lagi di PWI Sumut memang tidak mudah, semuanya harus melalui proses, bahkan selain harus bisa membuat berita seorang wartawan juga harus mengerti tentang Kode Etik Jurnalistik (KEJ)," kata Farianda.


Ia menambahkan, bila semua proses  masuk anggota PWI berjalan dengan baik serta lulus ujian seleksi maka wartawan tersebut akan memperoleh sejumlah kemudahan yaitu memperoleh ansuransi berupa kartu BPJS Ketenagakerjaan.


Selain itu, wartawan juga akan memperoleh pendampinggan hukum jika menghadapi masalah hukum saat bertugas atau merasa dikriminalisasi.


"Apabila sudah diterima atau sudah masuk anggota PWI maka wartawan akan mendapatkan pelatihan dan pendidikan guna peningkatan SDM," ujar Farianda 


"Saya hanya berpesan jadi wartawan jangan plagiat berita. Buatlah berita sendiri. Kita juga ingin ada anggota PWI Sumut bisa mendapat penghargaan Adinegoro. Saya hanya berharap semua peserta seleksi bisa lulus dengan hasil yang baik," sebutnya.


Seleksi penerimaan anggota muda Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut diikuti 55 orang wartawan yang telah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW). 


Para peserta seleksi yang hadir berasal dari sejumlah daerah di Sumatera Utara.


Turut hadir dalam seleksi Penerimaan anggota muda Sekretaris PWI Sumut Hamonangan Panggabean, Wakil Ketua Bidang Organisasi Rifki Warisan serta sejumlah pengurus PWI Sumatera Utara lainya. 


Penulis : James Sirait

Editor : Rudi