Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 07 Desember 2023, 13:56 WIB
Last Updated 2023-12-07T06:56:36Z
MedanPalang Merah IndonesaiTNI

PMI Sumut dan Kodam I BB Jalin Kerjasama Tangani Kebutuhan Kantung Darah

Penandatanganan kerja sama. (Foto/Istimewa).

Medan - nduma.id


Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Utara menjalin kerjasama dengan Kodam I Bukit Barisan di Medan.


Kerja sama di lakukan dengan penandatanganan kesepakatan pada Rabu, 6 Desember 2023. 


Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan sinergitas dan fungsi dari kedua instansi dalam pelaksanaan program-program yang bersifat sosial kemanusiaan serta memenuhi kebutuhan akan kantong darah di Sumatera Utara.


Ketua PMI Sumut, DR H Rahmat Shah, dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan. Pangdam I/BB menyatakan komitmen TNI AD melalui Kodam I/BB untuk mendukung kegiatan PMI di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara.


"Kerjasama ini juga sebagai bentuk komitmen TNI AD melalui Kodam I/BB untuk mendukung kegiatan Kepalang Merahan di Indonesia pada umumnya dan di Sumatera Utara pada khususnya," ungkap Pangdam I/BB. 


Ketua PMI Sumut, DR H Rahmat Shah, menyambut baik kerjasama tersebut dan menekankan bahwa PMI sebagai wadah kemanusiaan harus hadir di tengah-tengah masyarakat yang terkena bencana. 


Dalam hal upaya tanggap darurat bencana, kerjasama antara PMI dan Kodam I/BB dapat menjadi sinergi yang sangat penting bagi masyarakat.


"Terkhusus dalam hal upaya tanggapan darurat bencana. Karena  PMI sebagai wadah kemanusiaan, harus hadir ditengah-tengah masyarakat yang sedang terkena atau terdapat bencana," tutur Rahmat Shah. 


Dalam setiap bencana alam yang terjadi, PMI selalu siap siaga dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak. 


Namun, dukungan dan kerjasama dari pihak lain seperti TNI Angkatan Darat sangatlah penting dalam mengoptimalkan upaya bantuan tersebut. 


Penulis : Rudi

Editor : Son