Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 19 Desember 2023, 09:39 WIB
Last Updated 2023-12-19T02:39:48Z
MedanNatalPoldasuTahun Baru

Poldasu Antisipasi Sejumlah Titik Macet Saat Natal-Tahun Baru

Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi. (Foto/Istimewa).

Medan – nduma.id


Polda Sumatera Utara (Sumut) melakukan langkah antisipasi mengurai kemacetan arus mudik selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.


Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, menjelaskan bahwa pihak kepolisian telah melakukan mapping untuk menetapkan 79 titik ruas jalan yang rawan macet selama arus mudik.


Gelombang pertama puncak arus mudik diprediksi terjadi pada tanggal 22 Desember 2023 sampai 24 Desember 2023, sementara gelombang kedua puncak arus mudik terjadi pada tanggal 29 Desember 2023.


"Polisi sudah mapping dan langkah antisipasi demi mengurai kemacetan pada arus mudik," ujar Hadi di sela-sela lat pra ops lilin toba di Mapolda Sumut, Senin (18/12/2023).


Untuk mengatasi kemacetan tersebut, Polda Sumut menempatkan lebih dari 12.000 personel gabungan, 102 pos pelayanan, 75 pos pengamanan, dan 20 pos terpadu.


Personel tersebut akan menempati beberapa pos pengamanan di ruas jalan yang diprediksi terjadi kemacetan seperti di Kota Tebing Tinggi, Kota Siantar, Kabupaten Simalungun, serta jalur barat seperti Kabupaten Asahan, Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan.


Selain itu, Polda Sumut juga mendorong fungsionalisasi jalan tol yang ada di beberapa daerah yang dilalui arus mudik guna memperlancar kendaraan.


Wilayah Tanah Karo dan Danau Toba juga diprediksi akan menjadi area dengan peningkatan volume kendaraan pada perayaan Natal dan Tahun Baru.


Hal ini dikarenakan kedua daerah tersebut juga dikenal sebagai tempat wisata yang cukup populer.


"Untuk Wilayah Tanah Karo dan Danau Toba diprediksi terjadi peningkatan volume kendaraan pada perayaan Natal dan Tahun Baru, karena daerah itu juga tempat pariwisata," tuturnya.


Oleh karena itu, Polda Sumut juga menempatkan personel di daerah ini untuk memastikan kelancaran arus mudik.


Polda Sumut berharap dengan langkah antisipasi yang dilakukan, perayaan Natal dan Tahun Baru bisa dinikmati masyarakat dengan bahagia dan gembira.


Polda Sumut ingin memastikan masyarakat nyaman dan aman selama liburan perayaan Natal dan Tahun Baru.


Penulis: Rudi

Editor : Novel