SMSI

SMSI
Kamis, 14 Desember 2023, 18:03 WIB
Last Updated 2023-12-14T11:03:12Z
MedanNatal Tahun BaruPoldasu

Rapat Lintas Sektoral, Operasi Lilin Toba 2023 Ciptakan Kamtibmas Tetap Kondusif

Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. (Foto/Dok. Poldasu).

MEDAN – nduma.id


Polda Sumatera Utara menggelar rapat lintas sektoral pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru) bersama stakeholder terkait di Aula Tribrata Mapoldasu pada Kamis, 14 Desember 2023.


Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, memimpin langsung rapat lintas sektoral pengamanan Nataru 2024 dalam Operasi Lilin Toba 2023 dengan melibatkan lebih dari 12 ribu personel gabungan.


Hal ini sebagai upaya menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 di Provinsi Sumatera Utara.


"Pengamanan ini sebagai bentuk jaminan bahwa Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 di Provinsi Sumatera Utara harus aman," katanya.


Menurut Kapolda, pengamanan harus memperhatikan beberapa aspek, seperti mengantisipasi bencana alam dan kemacetan arus lalu lintas pada wilayah perbatasan Sumatera Utara dengan mengaktifkan jalur tol selama Nataru.


"Diantaranya mengantisipasi bencana alam mengingat kondisi cuaca ekstrim serta mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas di wilayah perbatasan Sumatera Utara dengan memfungsikan jalur Tol selama Nataru," ujar Kapoldasu.


Oleh karena itu, Polda Sumut akan mendirikan sebanyak 170 posko dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat saat merayakan Natal dan Tahun Baru 2023.


Pencegahan juga akan dilakukan dengan deteksi dini untuk mengantisipasi terjadinya aksi teror saat masyarakat merayakan Natal di gereja-gereja.


Hal ini semakin penting mengingat ada sembilan ribu gereja di Sumatera Utara dan nantinya pengamanan akan diperketat.


Kolaborasi pengamanan Nataru terus ditingkatkan dengan instansi serta masyarakat dalam menciptakan situasi kamtibmas kondusif.


"Kolaborasi pengamanan Nataru ini terus ditingkatkan karena kita sudah terbiasa konteks bekerja sama dengan instansi serta masyarakat dalam menciptakan situasi kamtibmas kondusif," tandasnya.


Penulis : Rudi

Editor : Novel