Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 06 Desember 2023, 22:55 WIB
Last Updated 2023-12-10T15:58:20Z
DairiGereja HKBPSafari Diakonia Natal

Safari Diakonia Natal ke 2, Berkah bagi Masyarakat Dairi

Pemberian bingkisan natal kepada warga. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Sudah menjadi tradisi bagi Pemerintah Kabupaten Dairi untuk menggelar Safari Diakonia Natal sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, terlebih kaum lansia.


Pada hari kedua pelaksanaan, giliran Kecamatan Parbuluan dan Kecamatan Sitinjo yang menjadi tuan rumah.


Acara ini diselenggarakan di Gereja HKBP Pangiringan, Kecamatan Parbuluan pada Selasa, 5 Desember 2023.


Rangkaian acara diakonia natal ini diawali dengan Christmas Carol dan pemberian bingkisan natal oleh Bupati Dairi yang diwakili Asisten Perekonomian Suasta Ginting bersama Ketua PKK Romy Mariani Simarmata kepada warga, khususnya kaum lansia.


Selain itu, terdapat pemeriksaan kesehatan, penyerahan adminduk, dan pemberian bantuan sosial.


Acara diakhiri dengan kebaktian bersama dengan pengkhotbah Pdt. Jedutun Purba, ST.h.


Dalam sambutannya, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu yang dibacakan oleh Suasta Ginting menyampaikan bahwa pihaknya ikut serta dalam masyarakat untuk menyebarkan kabar suci natal.


“Saya ingin mengajak semua untuk hidup kudus. Merayakan natal bukan sekedar kebiasaan dan tradisi agar natal membawa makna suci bagi kita dan sekitar kita, merasa kan damai dan sukacita baru, bebas dari konflik dan penindasan,” kata bupati.


Hal ini dilakukan dengan harapan masyarakat menjadi lebih kudus dan merasakan damai serta sukacita baru.


 “Kami juga hadir di tengah masyarakat membawa kabar sukacita dengan membawa pengobatan dan pemeriksaan kesehatan, pelayanan adminduk serta berbagi tali asih bersama warga yang semestinya menikmati kasih natal sama seperti kita. Semoga damai natal tahun ini menjadi semangat baru bagi kita dalam menyambut tahun yang baru yang penuh tantangan,” tandasnya.


Tema kebaktian yang diambil dari injil Lukas Pasal 2 Ayat 14, “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi” diangkat oleh Pdt. Jedutun Purba, ST.h.


Ia menekankan bahwa gembala dalam nats menjadi tokoh penting yang patut dicontoh dalam perayaan natal.


Seperti banyak tokoh alkitab yang pernah menjadi gembala ternak seperti Musa dan Daud, ketekunan mereka menjadikan mereka mendapat tugas besar dari Allah.


Pemerintah Kabupaten Dairi mengharapkan agar melalui acara Safari Diakonia Natal ini, masyarakat dapat merasakan kasih sayang dan kepedulian dari pemerintah, juga sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi antara pihak pemerintah dan masyarakat.


Penulis : Rudi

Editor : Son