Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Minggu, 21 Januari 2024, 11:48 WIB
Last Updated 2024-01-21T12:12:55Z
MedanPanti AsuhanSerikat Media Siber Indonesia

Bantu Anak Yatim di Medan, SMSI Sumut Kunjungi 2 Panti Asuhan

Foto bersama pengurus SMSI Sumut dan anak -anak Panti. (Foto/Istimewa).

Medan - nduma.id


Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Sumatera Utara mengunjungi 2 Panti Asuhan di Medan dalam kegiatan Bakti Sosial. 


Kunjungan itu, SMSI Sumut memberikan bantuan sembako dan perhatian kepada anak yatim yang diasuh di panti asuhan. 


Giat ini bentuk program sosial dan kepedulian SMSI Sumut setiap tahunnya.


Panti Asuhan yang di kunjungi adalah panti asuhan Bait Allah dan panti asuhan Elsadai Indonesia, Sabtu, 20 Januari 2024. 


Kedatangan SMSI Sumut di Panti Asuhan Bait Allah di Jalan  Binjai KM 7,5 Pasar 2/Jalan Puskesmas, Kecamatan Medan Sunggal disambut oleh pengurus panti, Pdt Dra Dame Sitompul.


Kunjungan tersebut untuk memberikan bantuan dan perhatian kepada anak yatim yang diasuh di panti asuhan. 


Program peduli kasih ini sebagai ungkapan syukur di momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.


Keluhan dari pengurus Panti Asuhan Bait Allah, Pdt Dra Dame Sitompul, disampaikan kepada SMSI Sumut mengenai sulitnya bagi pemilik panti asuhan dalam hal pengurusan dokumen kependudukan bagi anak-anak asuhnya. 


Hal ini disebabkan oleh tidak diketahuinya lagi orang tua dari anak-anak yang diasuh di panti.


"Saya mohon Anda untuk membantu agar anak-anak panti ini bisa diurus dan dikeluarkan Kartu Keluarga (KK), Akte, dan KTP oleh pemerintah terkait, sebab mereka sangat membutuhkan KK, Akte, dan KTP," ujar Pdt Dame Sitompul.


Erris Napitupulu, Ketua SMSI Sumut, menjamin bahwa Pengurus SMSI Sumut siap mendampingi pengurus Panti Asuhan Bait Allah dalam mengurus dokumen kependudukan di Dukcapil Medan. 


Erris juga menyampaikan bahwa program peduli terhadap anak-anak panti asuhan dilaksanakan pada saat hari besar keagamaan seperti Bulan Ramadhan, Natal, Tahun Baru, dan bencana alam.


"Khusus dalam rangka Natal dan Tahun Baru, inilah kami datang ke panti asuhan Bait Allah untuk memberikan bantuan dan santunan," sebut Erris.


Setelah itu, SMSI Sumut melanjutkan kunjungan ke Panti Sosial Elsadai Indonesia. 


Erris J Napitupulu mengatakan bahwa bantuan yang diberikan kepada anak-anak panti asuhan adalah sebagai bentuk kepedulian Pengurus SMSI Sumut kepada mereka.


Di Panti Asuhan Elsadai Indonesia, Ketua SMSI Sumut dan pengurus yang hadir menyampaikan masalah yang sama mengenai pengurusan dokumen dan surat-menyurat kependudukan. 


Pengurusan dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga, dan Akte Kelahiran ternyata menjadi masalah yang klasik bagi pengurus panti asuhan. 


SMSI Sumut menjanjikan untuk membantu dan akan mengkonfirmasi dinas dan instansi terkait guna mempermudah pengurusan administrasi kependudukan.


Erris Napitupulu mengatakan SMSI Sumut siap mendampingi para anak di Panti Asuhan Elsadai Indonesia jika ingin mengurus BPJS Kesehatan. 


Erris juga akan mengkoordinasikan hal itu kepada pihak BPJS Kesehatan untuk mencari solusi bagi keluhan para pengurus panti.


Bakti Sosial yang dilakukan oleh SMSI Sumut ini mendapat sambutan hangat dari para pengurus panti asuhan dan masyarakat. 


Ditambah lagi dengan janji pengurus SMSI Sumut untuk membantu mengurus dokumen kependudukan dan BPJS Kesehatan bagi anak-anak panti asuhan, membuat perhatian masyarakat semakin terfokus pada kegiatan sosial yang dilakukan oleh SMSI Sumut. 


Harapannya, program tersebut bisa terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi anak-anak panti asuhan dan masyarakat sekitar Medan.


Penulis : Rudi

Editor : Son