SMSI

SMSI
Minggu, 21 Januari 2024, 12:08 WIB
Last Updated 2024-01-22T05:11:37Z
AgamaDairiPemilu 2024

Bupati Dairi Paparkan Kunci Menuju Pemilu Damai 2024 di Pondok Pesantren Sidikalang

Bupati Dairi di sambut pelajar pesantren. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, pembinaan umat lewat moderasi beragama menuju pemilu damai tahun ini.


Acara ini menghadirkan narasumber Ketua Komisi II DPR-RI, Dr. Ahmad Doli Kurnia Tandjung, di Pondok Pesantren Sidikalang, Sabtu 20 Januari 2024.


Dalam sambutannya, Eddy Berutu menyampaikan selamat datang kepada ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, di bumi Sulang Silima Kabupaten Dairi.


Eddy menegaskan pentingnya moderasi beragama pada jelang pesta demokrasi sebagai upaya meningkatkan pemahaman dalam pemilihan umum dan mewujudkan pemilihan damai.


“Membumikan moderasi beragama dibutuhkan pemahaman dan kolaborasi yang seragam antara pemerintah, masyarakat, dan tokoh agama. Langkah ini penting dalam membangun harmoni keberagaman dan pemahaman keagamaan dalam masyarakat sebab hal inilah kunci kerukunan,” kata Eddy.


Eddy juga menegaskan pentingnya peran pemuda dalam pemilihan umum.


Pemuda yang cerdas tidak hanya bersikap ikut arus dan oportunis.


Oleh karena itu, melalui pembinaan umat ini menjadi momentum penting untuk menyatukan tekad seluruh pemimpin, tokoh masyarakat, dan tokoh agama dalam menjaga kerukunan beragama dan memastikan bahwa pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai.


Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengingatkan untuk tidak mempolitisi agama, namun menjadikan agama sebagai benteng untuk melindungi umat dari politisasi agama.


Menurut Ahmad Doli, penting bagi kita untuk bersatu dalam menjaga kerukunan beragama dan memastikan pemilu yang damai.


“Saya titip pesan sampaikan di gereja, masjid, vihara, dan pura bahwa damai itu indah. Kita harus sepakat, bahwa rukun adalah budaya kita maka kita bisa hidup dalam kondisi apapun," kata Ahmad Doli.


Acara ini dihadiri oleh berbagai undangan, termasuk Kakan Kemenag H. Riswan Gaja, anggota DPRD Kabupaten Dairi Charles Tamba, Ketua MUI Wahlin Munthe, Ketua GP. Ansor Kabupaten Dairi Kamidun Solin, dan seluruh undangan lainnya.


Penulis : Rudi

Editor : Son