Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 09 Januari 2024, 15:24 WIB
Last Updated 2024-01-09T08:24:14Z
KaroOptimalisasi Anggaran

Bupati Karo Ingatkan Optimalisasi Pelaksanaan Anggaran di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo

Rapat Persiapan dan Percepatan Penyusunan DPA-SKPD dan Anggaran Kas SKPD di Aula Kantor Bupati Karo. (Foto/Dok. Kominfo Karo).

KARO, Kabanjahe - nduma.id


Dalam rangka mempersiapkan rencana anggaran untuk tahun 2024, Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang dan Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting menghadiri Rapat Persiapan dan Percepatan Penyusunan DPA-SKPD dan Anggaran Kas SKPD di Aula Kantor Bupati Karo, Senin, 8 Januari 2024.


Pada kesempatan tersebut, Bupati Karo menyampaikan bahwa harmonisasi dan kolaborasi antar pelaksana pengelolaan keuangan dan pengadaan barang dan jasa di masing-masing instansi harus dilaksanakan.


Bupati Karo menegaskan bahwa tidak ada lagi cara kerja yang persial dan berjalan sendiri-sendiri tanpa pengawasan yang melekat dan berkala dari kepala perangkat daerah. 


"Jangan lagi biasakan cara kerja yang persial dan berjalan sendiri-sendiri tanpa adanya intervensi dan pengawasan yang melekat dan berkala dari kepala perangkat daerah,” ungkap Bupati Karo. 


Dalam pelaksanaan APBD, ia menghimbau agar seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo patuh dan konsisten terhadap Rencana Anggaran Kas yang telah ditentukan.


Terkait dengan hal ini, Bupati Karo berharap di Tahun Anggaran 2024 dapat memperoleh insentif fiskal kinerja tahun berjalan kategori serapan anggaran. 


Seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo diingatkan untuk gerak cepat dalam penyerapan dan penggunaan anggaran. 


Hal ini akan memastikan bahwa seluruh anggaran yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan optimal.


Maka dari itu, penting bagi seluruh kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo untuk bekerja secara bersama-sama dan saling mendukung dalam mewujudkan tata kelola keuangan yang baik serta mengoptimalkan pelaksanaan anggaran. 


Dengan demikian, Pemerintah Kabupaten Karo dapat terus memperbaiki kinerja dan pelayanan publiknya, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.


Penulis : Rudi

Editor : Son