Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 16 Januari 2024, 19:58 WIB
Last Updated 2024-01-22T06:00:22Z
DairiDataran TinggiMusrenbang

Bupati Ungkap Capaian dan Prestasi Pemkab Dairi Saat Pra Musrenbang RKPD 2025

Foto kepala Daerah bersama Pj, gubernur Sumut. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, mengungkapkan berbagai prestasi yang telah dicapai Pemerintah Kabupaten Dairi selama kepemimpinannya dalam Pra Musrenbang RKPD 2025 Zona Dataran Tinggi Provinsi Sumatera Utara yang digelar di Hotel Sibayak Berastagi, Kabupaten Karo, Selasa, 16 Januari 2024.


Meski di awal kepemimpinannya dunia diterpa Covid-19, Eddy Berutu bersyukur karena Kabupaten Dairi dapat bangkit dan melakukan berbagai pembangunan.


Eddy Berutu juga menyampaikan bahwa pemerintahannya mendapatkan penghargaan dari berbagai sektor atas apa yang sudah dilakukan di Kabupaten Dairi.


"Saya bersyukur kami mendapatkan penghargaan dari berbagi sektor atas apa yang sudah kami lakukan di Kabupaten Dairi. Terakhir, dalam catatan kami, Kabupaten Dairi meraih penghargaan Sakip dengan hasil yang baik," katanya.


Kabupaten Dairi kata Eddy meraih penghargaan Sakip dengan hasil yang baik dan Eddy Berutu menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Pendorong Ekonomi Kerakyatan dari Majalah Tempo.


Yang paling membahagiakan, kabupaten Dairi berhasil meraih penghargaan dalam pelayanan Adminduk, yaitu indeks kepuasaan masyarakat.


Eddy Berutu juga memaparkan penghargaan yang diraih termasuk dari Kemenkumham sebagai kabupaten peduli hukum dan hak asasi manusia.


Hal ini menjadi aspek harmoni keberagaman sehingga Eddy Berutu diundang menghadiri kegiatan forum peduli Hak Asasi Manusia Internasional di Korea.


"Ini menjadi aspek harmoni keberagaman sehingga saya diundang menghadiri kegiatan forum peduli Hak Asasi Manusia Internasional di Korea, baru-baru ini," ujarnya lagi.


Namun, di tengah prestasi dan penghargaan yang diraih, Pemkab Dairi dikatakan Eddy masih memiliki banyak tantangan, salah satunya adalah penanganan Stunting.


Eddy Berutu menyatakan bahwa mengatasi stunting sangat menantang dan masih butuh biaya yang lebih banyak.


Oleh karena itu, di masa depan, Pemkab Dairi menargetkan untuk tetap mengembangkan investasi di Dairi dan menekan kemiskinan.


Eddy Berutu juga mengharapkan kehadiran swasta untuk menjaga perkembangan investasi.


Eddy Berutu meminta dukungan dari seluruh pihak untuk membantu Kabupaten Dairi mencapai target-target pembangunan lainnya.


Untuk mencapai program kerja yang dirumuskan, pemerintah membutuhkan dukungan dari seluruh pihak, khususnya Provinsi Sumatera Utara sebagai pembina.


“Untuk mencapai program kerja yang dirumuskan, kami butuh dukungan dari seluruh pihak. Provsu sebagai pembina, kami mohon turun tangan membantu kami," tandasnya.


Acara ini dihadiri oleh para kepala daerah bupati/walikota zona dataran tinggi, seperti Kotamadya Pematang Siantar, Kabupaten Simalungun, Karo, Tapanuli Utara, Samosir, Toba, Humbang Hasundutan, dan Pakpak Bharat.


Penulis : Rudi

Editor : Son