SMSI

SMSI
Selasa, 16 Januari 2024, 19:37 WIB
Last Updated 2024-01-22T02:44:56Z
Gerakan Sumut MenanamKaroPertanian

Gerakan Sumut Menanam, Menyemai Harapan Baru Bagi Petani di Karo

Bupati Karo dan PJ. Gubsu di gerakan Sumut Menanam. (Foto/Istimewa).

KARO, Kabanjahe - nduma.id


Gerakan Sumut Menanam menjadi harapan besar bagi Petani di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.


Gerakan Sumut Menanam dan memberikan bantuan memperlihatkan bahwa pemerintah memahami betapa pentingnya mendukung sektor pertanian sebagai bagian utama dalam membangun perekonomian Indonesia, khususnya di daerah Sumatera Utara. 


Selasa, 16 Januari 2024, Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang dan Pj. Gubernur Sumatera Utara, Hasanuddin melakukan Gerakan Sumut Menanam sekaligus pemberian bantuan kepada kelompok tani melalui Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara bertempat di Desa Sampun, Kecamatan Dolat Rayat, Kabupaten Karo.


Gerakan ini pun menyemai harapan baru bagi petani.


Bantuan berupa 2 unit Combine Harvester Besar, 1 Unit Hand Tractor, 2 Unit Cultivator, 35 Unit Hand Prayer Electric, benih bawang merah untuk luas tanam 5 Ha, benih cabai merah untuk luas tanam 5 Ha, benih jagung hibrida untuk luas tanam 90 Ha, benih padi inbrida untuk luas tanam 150 Ha, benih kentang untuk luas tanam 5 Ha, 2 Ton Benih Pokok Bawang Merah, serta 20.000 Knol Benih Kentang G0 diterima oleh kelompok tani di Kabupaten Karo.


Dalam sambutannya, Bupati Karo menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia melalui Pj. Gubernur atas bantuan yang diberikan kepada kelompok tani di Kabupaten Karo. 


"Saya mengucapkan rasa bangga dan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo melalui Bapak Pj.Gubernur Sumatera Utara yang telah memperhatikan masyarakat Kabupaten Karo serta memberikan bantuan alat dan benih pertanian, semoga ini dapat bermanfaat bagi para Kelompok Tani yang ada di Kabupaten Karo," ujar Bupati Karo.


Hal ini merupakan suatu langkah positif yang diambil oleh pemerintah dalam menyemai harapan baru bagi petani di daerah tersebut.


Bupati Karo juga berharap bahwa bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi kelompok tani yang ada di Kabupaten Karo dan memberikan dampak yang positif bagi pembangunan sektor pertanian di wilayah tersebut.


Turut hadir pada kegiatan ini, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, Sekda Provinsi Sumatera Utara Arief Sudarto Trinugroho, para kepala perangkat daerah Provinsi Sumatera Utara, para kepala perangkat daerah Kabupaten Karo serta Camat Dolatrayat Junaidi P Sembiring.


Semoga gerakan ini dapat memberikan inspirasi bagi daerah lainnya dalam memperhatikan sektor pertanian dan melindungi kepentingan para petani.


Penulis : Rudi

Editor : Son