SMSI

SMSI
Selasa, 16 Januari 2024, 18:31 WIB
Last Updated 2024-01-22T01:35:16Z
Dataran TinggiKaroMusrenbangPariwisataPrioritas Pembangunan

Karo Tuan Rumah Pra Musrenbang RKPD Provinsi Sumut Tahun 2025 Zona Dataran Tinggi

Bupati karo dan Pj Gubsu mengenakan seragam Karo. (Foto/Dok. Kominfo Karo).

KARO, Kabanjahe – nduma.id


Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 Zona Dataran Tinggi Provinsi Sumatera Utara di gelar di Hotel Sibayak Berastagi, 16 Januari 2024 sampai 17 Januari 2024.


Acara dihadiri Pj. Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin, dan Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang.


Dalam kesempatan ini, Pj. Gubernur Sumatera Utara secara resmi membuka acara dan menyampaikan bahwa Sumatera Utara memiliki empat zona, yakni Zona Dataran Tinggi, Zona Pantai Timur, Zona Pantai Barat, dan Zona Kepulauan Nias.


Zona Dataran Tinggi memiliki potensi yang besar di bidang pariwisata dan pertanian.


Oleh karena itu, Pra Musrenbang RKPD Zona Dataran Tinggi Tahun 2025 sangat penting dalam mewujudkan Sumatera Utara Hebat.


Menurut Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, Pemerintah Kabupaten Karo telah menyusun dan membahas dokumen Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Karo tahun 2025-2045 pada forum konsultasi publik pada Desember tahun 2023.


"Sebagai tuan rumah besar harapan kami penyelenggaraan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan dan menghasilkan konstribusi yang nyata bagi perencanaan dan tentunya kemajuan perekonomian dan pembangunan di Sumatera Utara," kata Bupati Karo, Selasa (16/1/2024).


Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah agar keselarasan pembangunan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten terjaga sesuai dengan harapan dan menghasilkan kontribusi yang nyata bagi perencanaan serta kemajuan perekonomian dan pembangunan di Sumatera Utara.


"Harus terdapat keselarasan pembangunan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten untuk 20 tahun kedepan yang diawali dengan sinkronisasi dokumen perencanaan," Sebut Bupati Karo.


Di sisi lain, Pj. Gubernur Sumatera Utara juga menyampaikan bahwa ada 3 prioritas yang menjadi rencana pembangunan di Sumatera Utara, yaitu peningkatan kualitas SDM, pertumbuhan ekonomi inklusif, dan kualitas infrastruktur berkelanjutan.


Pra Musrembang ini diharapkan dapat mengumpulkan ide-ide dan gagasan yang membawa perubahan lebih baik bagi pembangunan di seluruh wilayah Sumatera Utara.


Melalui Bappelitbang Provsu, Bupati Karo berharap ada bimbingan dari Pj. Gubsu dalam menjalankan penyusunan dokumen perencanaan di kabupaten termasuk di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Utara.


Untuk mewujudkan hal ini, diperlukan penguatan SDM yang berkualitas, kelembagaan ekonomi masyarakat, sarana dan prasarana produksi, serta infrastruktur yang mendukung perekonomian.


Dalam upaya pengembangan potensi di daerah ini, Sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten tidak boleh terputus sebagai salah satu kunci utama dalam meningkatkan kualitas pembangunan di masing-masing wilayah.


“Kita berharap Pra Musrembang ini bisa mengumpulkan ide-ide dan gagasan yang membawa perubahan lebih baik bagi pembangunan di seluruh wilayah Sumatera Utara,”  ujar Pj. Gubsu.


Penulis : Rudi

Editor : Son