SMSI

SMSI
Minggu, 04 Februari 2024, 21:03 WIB
Last Updated 2024-02-05T12:30:56Z
Pemilu 2024PengamananPolisiSiantar

Kesiapan Pengamanan, Polres Siantar Deteksi 30 TPS Berskala Rawan

Kapolres Siantar memimpin apel. (Foto/Istimewa).

SIANTAR - nduma.id


Kapolres Polres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno memimpin apel awal kesiapan pengamanan TPS di wilayah hukum Polres Pematangsiantar, Sabtu 3 Februari 2024 pada pukul 08.00 WIB. 


Apel itu untuk menerima arahan dalam melaksanakan tugas-tugas.


"Selanjutnya yang merupakan atensi pimpinan untuk itu kita melaksanakan apel kesiapan pengamanan TPS lebih awal," kata AKBP Yogen Heroes.


Dikatakan dari 796 jumlah TPS di wilayah kota Pematangsiantar terdeteksi 766 TPS berskala kurang rawan dan 30 TPS berskala rawan.


Saat ini kata Kapolres surat perintah penugasan personil yang akan melaksanakan pengamanan TPS sudah di keluarkan sehingga perlu diketahui apa saja yang harus dilakukan pada saat hari H.


Format pengamanan TPS juga sudah di sesuaikan dengan hasil kirka intelkam maupun hasil koordinasi dengan pimpinan.


Dimana tipe pola pengamanan TPS tersebut terbagi, untuk TPS yang Rawan menempatkan 2 personil untuk 2 TPS.


"Asumsi ini bukan berarti menjadi di bagi rata, dimana kita mengetahui sistem pengamanan adalah body system sehingga kedua personil inilah yang mengawasi ke 2 TPS yang berstatus rawan," ujar Kapolres.


Dan untuk TPS yang kurang rawan ada 4 pola pengamanan, yaitu 2 orang personil untuk 10 TPS.


Dua orang personil untuk 12 TPS, 2 orang personil untuk 13 TPS dan 2 Orang personil Untuk 14 TPS.


"Ini semua sudah tercantum di sprint masing-masing nama dan jumlah TPS yang harus diamankan sesuai dengan perkiraan rawan maupun kurang rawan untuk itu personil yang melakukan pengamanan harus bertanggungjawab di TPS nya masing-masing," sebut Kapolres.


Untuk itu usai apel kesiapan TPS, personil yang melakukan pengamanan TPS di himbau Kapolres melakukan pengecekan agar mengetahui dimana lokasi TPS berada.


"Masih ada waktu 10 hari lagi berkeliling mencari dan melihat lokasi TPS tersebut kemudian setelah mengetahui lokasi silahkan lakukan koordinasi dengan lingkungan setempat kemudian setiap hari personil harus update informasi atau perkembangan yang menjadi lokasi TPS, jangan sampai tergagap pada hari H adanya perubahan lokasi TPS," ujarnya.


"Tugas kita adalah mengamankan TPS dari gangguan-gangguan yang timbul pada saat hari H," Pesan AKBP Yogen Heroes.


Kapolres mengingatkan masing-masing personil agar bertanggung jawab atas tugasnya.


Penulis : Ari

Editor : Rudi