Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 01 Februari 2024, 13:04 WIB
Last Updated 2024-02-01T06:04:03Z
Komisi Pemilihan UmumPemilu 2024Siantar

KPU Siantar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS

Proses simulasi di TPS. (Foto/Istimewa).

SIANTAR - nduma.id


Simulasi pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi hasil perhitungan suara serta penggunaan Aplikasi Sirekap pada pemilu 2024 di gelar KPU Siantar.


Bertempat di halaman Kantor Sarana Prasarana Dinas PUTR Kota Pematangsiantar Jalan Porsea Kelurahan Teladan Kecamatan Siantar Barat Kota Pematangsiantar, Selasa 30 Januari 2024, sekira pukul 07.00 Wib s/d Selesai.


Simulasi dilaksanakan sesuai PKPU Nomor 3 tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 dan surat undangan KPU Kota Pematang Siantar Nomor : 355/PP.01.8-Und/1272/2024 perihal undangan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024.


Pada giat itu, yang menjadi petugas KPPS dan pemilih adalah TPS 5 Kelurahan Teladan Kecamatan Siantar Barat dan yang menjadi Saksi adalah anggota PPK dan PPS.


Sedangkan pemilih adalah warga sekitar Kelurahan Teladan dengan jumlah undangan sebanyak 192 orang dengan perincian 188 orang pemilih DPT, 2 orang pemilih DPK (Daftar Pemilih Khusus) dan 2 orang pemilih DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) namun yang hadir untuk menggunakan hak suara pada simulasi sebanyak 70 orang pemilih dengan perincian 66 orang DPT, 2 orang DPK dan 2 orang DPTb.


Simulasi menggunakan surat suara khusus untuk kegiatan Simulasi dengan menunjukkan 36 yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 


Kegiatan ini juga merupakan langkah dari KPU untuk mengenalkan dan memberikan bimbingan teknis tata cara pengoperasian Aplikasi Sirekap kepada PPK, PPS, dan KPPS. 


Aplikasi Sirekap memiliki fungsi sebagai alat bantu penghitungan suara yang terhubung dengan server KPU RI, memungkinkan tabulasi suara secara langsung.

 

KBO Sat Intelkam Polres Pematangsiantar IPTU Haposan Siallagan mewakili Kapolres Pematang Siantar mengapresiasi kegiatan simulasi sebagai langkah proaktif dalam memastikan kelancaran proses pemilihan umum mendatang.


Ia menekankan pentingnya peran petugas pemilihan dan partisipasi masyarakat untuk menjaga integritas dan transparansi dalam pelaksanaan demokrasi.


"Dengan berakhirnya simulasi ini, diharapkan semua pihak terlibat dapat memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh untuk meningkatkan kesiapan dan kelancaran proses pemilihan umum pada tahun 2024 di Kota Pematangsiantar khususnya pemilih pemula, mengenai teknis tata cara pemungutan di TPS," terang IPTU Haposan.


Simulasi dihadiri oleh Forkopimda Kota Pematangsiantar KPU Kota Pematangsiantar, Bawaslu Kota Pematangsiantar, Perwakilan Parpol peserta Pemilu, Ketua dan anggota PPK dari 8 kecamatan se-Kota Pematangsiantar, Ketua PPS dari 53 Kelurahan se-Kota Pematang Siantar dan Warga kelurahan Teladan sebanyak 192 orang sebagai Pemilih.


Penulis : Ari

Editor : Rudi