Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 01 Februari 2024, 07:33 WIB
Last Updated 2024-02-03T00:36:18Z
Cukai RokokPakpak BharatTembakau

Pemkab Pakpak Bharat Raih Penghargaan Pengelola Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Terbaik

Rudolf Agus Solin menerima penghargaan. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat).

PAKPAK BHARAT – nduma.id


Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea cukai TMP C Pematang Siantar memberikan Anugerah Penghargaan bagi Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara sebagai “Pengelola Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Terbaik Di Bidang Penegakan Hukum Tahun 2023”.


Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dalam membantu pihak Bea Cukai memberantas peredaran rokok ilegal di wilayahnya.


Kepala Bidang Penegakan Perundang-Undangan dan Peraturan Daerah pasar Satuan Polisi pamong Praja, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Pakpak Bharat, Rudolf Agus Solin, MM menerima Piagam Penghargaan ini dari Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Pematang Siantar, A Hamonangan Gultom.


“Sepanjang tahun 2023 kita giat melakukan operasi Bersama KPPBC TMP C Pematang Siantar dalam mengawasi peredaran rokok illegal di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat, di 4 Kecamatan. Kecamatan Salak, Tinada, Kerajaan dan Sitellu Tali Urang Jehe,” kata Agus Solin, Rabu (31/1/2024).


Upaya yang dilakukan oleh pihak Kantor Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran, dan Penyelamatan di Kabupaten Pakpak Bharat patut diapresiasi.


Mereka telah membantu pihak Bea Cukai dalam mengawasi peredaran rokok ilegal di 4 kecamatan dan beberapa toko, grosir, warung, dan pengecer.


Temuan rokok ilegal langsung disita dan dikenakan sanksi sesuai aturan oleh petugas.


“Yang menjadi lokus kita, dibeberapa toko, grosir, warung dan pengecer kita temukan rokok illegal yang sengaja disimpan dan diedarkan, terhadap temuan ini langsung disita dan dikenakan sanksi sesuai aturan oleh petugas,” jelas Agus Solin.


Tidak hanya itu, adanya sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dan pihak Bea Cukai juga sangat perlu dipertahankan.


Sinergitas ini dapat membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan pendapatan negara melalui cukai tembakau.


Oleh karena itu, penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat ini merupakan sebuah prestasi yang patut diapresiasi.


Penghargaan ini juga menunjukkan bahwa penegakan hukum dalam peredaran rokok ilegal merupakan sebuah masalah serius bagi negara, dan membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak untuk mengatasinya.


Masalah ini juga menunjukkan bahwa sinergitas antara pemerintah daerah dan lembaga-lembaga negara lainnya sangatlah penting.


Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat patut bangga atas penghargaan yang diterimanya dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea cukai TMP C Pematang Siantar.


Penulis : Rudi

Editor : Son