Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 27 Februari 2024, 23:09 WIB
Last Updated 2024-02-28T02:12:56Z
MusrenbangPembangunanSianțar

Musrembang RKPD Tahun 2025 Pematangsiantar, Sejumlah Capaian dan Program di Paparkan

Pemberian cindera mata kepada Pemko Pematangsiantar. (Foto/Istimewa).

SIANTAR - nduma.id


Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno ikut giat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kota Pematangsiantar Tahun 2025.


Musrenbang itu dibuka secara resmi oleh Wali Kota Pematangsiantar, dr Susanti Dewayani, SpA bertempat di Ballroom Hotel Horison, Jalan Raya Medan, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar, Selasa 27 Februari 2024.


Dalam sambutannya Pj.Gubernur Sumatera Utara melalui Kepala Dinas Ketenagakerjaan Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si, memberikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh pihak yang telah mendukung berjalannya kegiatan, terutama kepada Wali Kota Pematangsiantar.


 “Musrenbang ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan azas perencanaan pembangunan daerah yang beriorentasi pada proses dengan pendekatan partisipatif Top Down dan Bottom Up. Dengan tujuan untuk penajaman, penyelarasan dan klarifikasi usulan masyarakat yang akan masuk kedalam dokumen perencanaan tahunan Kota Pematangsiantar”, ungkapnya.


Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si juga mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi penekanan dalam Musrenbang ini.


Pertama, seluruh stakeholder harus memperhatikan target-target yang terdapat dalam dokumen perencanaan yang lebih tinggi tingkatannya, seperti RPJMN, RPD Provinsi dan RPJMD Kota Pematangsiantar. 


Kedua, memperhatikan hasil evaluasi RKPD Kota Pematangsiantar Tahun 2023, untuk melihat capaian pembangunan pada tahun 2023 yang telah tercapai dan yang belum tercapai. 


Ketiga, mempertimbangkan program-program strategis baik di tingkat Nasional, Provinsi, maupun Kota Pematangsiantar. 


Terakhir, harus memperhatikan kondisi reil di daerah, mulai dari permasalahan hingga isu-isu strategis kedepan.


Selanjutnya Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si mengatakan, terdapat beberapa catatan penting serta capaian terkait pelaksanaan Musrenbang Kota Pematangsiantar ini, dalam konteks pembangunan makro di Kota Pematangsiantar berdasarkan data BPS hampir semuanya telah menunjukkan capaian yang baik antara lain


laju pertumbuhan ekonomi tumbuh menjadi 3,47% pada Tahun 2022 meningkat 2,22% dibandingkan dengan capaian tahun 2021 sebesar 1,25% pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha perdagangan besar dan eceran reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 26,79%, indeks pembangunan manusia pada tahun 2023 sebesar 80,46 poin mengalami peningkatan sebesar 0,76 poin dibandingkan Tahun 2022 sebesar 79,70. 


Kemiskinan juga terus membaik terjadi penurunan sebesar 0,64% dari sebelumnya sebesar 8,52% pada tahun 2021 menjadi 7,88% pada Tahun 2022, tingkat pengangguran terbuka juga membaik di mana sebelumnya pada Tahun 2022 sebesar 9,36% Mengalami penurunan menjadi 9,62% pada tahun 20203,Generasio yang menjadi 0,329 poin pada tahun 2023 naik dari sebelumnya sebesar 0,321 poin pada Tahun 2022., 


Seluruh stakeholder harus memperhatikan target target yang terdapat dalam dokumen perencanaan yang lebih tinggi tingkatnya seperti RPJMN, RPD Provinsi dan RDP Kota Pematangsiantar, Memperhatikan hasil evaluasi RKPD Kota Pematangsiantar tahun 2022 untuk melihat capaian pembangunan pada tahun 2022 yang telah tercapai dan yang belum tercapai 


Harus memperhatikan program-program strategis baik di tingkat nasional provinsi maupun kota Pematangsiantar.


Harus memperhatikan kondisi riil di daerah mulai dari permasalahan hingga isu-isu strategis kedepan 


Forum ini sebagai bagian dari penajaman permasalahan, isu strategis dan kebijakan perencanaan pembangunan tahun 2025 dimana perencanaan yang baik adalah perencanaan yang dapat di wujudkan.


Orang yang gagal membuat perencanaan adalah orang yang merencanakan kegagalannya sendiri  


Sementara itu Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA, mengatakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah tahun 2024 ini dalam rangka penyusunan RKPD Kota Pematangsiantar tahun 2025, dan musyawarah RKPD ini merupakan agenda tahunan guna menyepakati permasalahan Prioritas pembangunan program dan kegiatan yang akan diselenggarakan pada tahun berikutnya, serta berharap bahwa kegiatan ini nanti akan menghasilkan kebijakan perencanaan pembangunan yang memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat.


Sejumlah pencapaian di paparkan pada musrenbang itu antara lain yang pertama adalah Penghargaan atas komitmen Universal Health Coverage (UHC), dimana pada akhir Desember 2023 UHC Kota Pematangsiantar sudah mencapai 98% lebih.  


Di awal tahun 2024 targetnya akan mencapai 100%.


Artinya seluruh masyarakat Kota Pematangsiantar sudah bisa mendapatkan akses kesehatan tanpa terkecuali.


 “Istilahnya BPJS gratis dari pemerintah daerah, dan tidak ada lagi kendala didalam akses untuk mendapatkan kesehatan kepada seluruh masyarakat untuk berobat,” kata dr Susanti Dewayani SpA.


Musrenbang merupakan instrumen untuk membangun perencanaan pola pembangunan, top down dan bottom up. “Pola pembangunan ini merupakan aspirasi dan masukan serta pola pikir dari bawah ke atas dan dari atas ke bawah. Dan ini merupakan jenjang masukan dari kelurahan, kecamatan, kemudian di tingkat kota,”


Penulis : Ari

Editor : Rudi