Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 27 Februari 2024, 22:56 WIB
Last Updated 2024-02-28T05:00:29Z
Hari Pers NasionalNiasSerikat Media Siber Indonesia

SMSI Kepulauan Nias Rayakan Hari Pers Nasional dengan Momentum Bakti Sosial

Pemotongan tumpeng Hari Pers Nasional di Nias. (Foto/Istimewa).

Nias - nduma.id


Hari Pers Nasional (HPN) di meriahkan oleh keluarga besar Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kepulauan Nias dan puluhan jurnalis di Jalan Cipto, Kota Gunungsitoli, Selasa, 27 Februari 2024.


Ketua panitia Haogo Zega mengungkapkan, HPN dirayakan dengan sebuah kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan di Dusun 8 Desa Umbu Balodano Kecamatan Sitolu Ori Nias Utara pada Rabu, 28 Februari 2024.


Gotong-royong di desa tersebut berupa pembangunan rabat beton sederhana dan pemberian buku tulis di dua SDN, yaitu SDN 078426 dan SDN 280412 Hoya. 


Hal ini dilakukan karena anak-anak sekolah di dusun tersebut kesulitan menjangkau sekolah akibat jalan yang seadanya.


Dalam sambutannya, Ketua SMSI Kepulauan Nias Suarman Telaumbanua memaparkan sejarah perjalanan pers dari masa ke masa, termasuk masa penjajahan hingga andil dalam mengisi kemerdekaan. 


Ia juga mengungkapkan bahwa SMSI akan menyelenggarakan uji kompetensi dalam waktu dekat yang terbuka bagi semua wartawan di Kepulauan Nias. 


Selain itu, Suarman juga mengajak semua pihak untuk saling mendukung dalam program SMSI ke depan dengan terus menggalang kerjasama kepada pemerintah, aparatur penegak hukum, BUMN, dan swasta.


"Kami terus menggalang kerjasama kepada pemerintah, aparatur penegak hukum, BUMN, swasta dan semua pihak. Kami mengajak semua elemen saling mendukung dalam program SMSI ke depan," harapnya.


Kapolres Nias yang diwakili Iptu O Daeli mengapresiasi HPN yang diselenggarakan oleh SMSI Kepulauan Nias. 


Daeli mengajak semua jurnalis untuk terus bermitra baik dengan Polres Nias dan selalu menyampaikan informasi sesuai aturan berlaku. 


Sementara itu, Kasi Datun Daniel Hutagalung SH mewakili Kajari Gunungsitoli mengatakan bahwa Kejaksaan dan wartawan merupakan 2 pihak yang saling mengisi, sehingga Kejari selalu membuka akses informasi seluas-luasnya.


"Bapak Kajari menyampaikan salam dan selamat HPN, beliau tidak dapat hadir karena tugas luar daerah," tandas Daniel.


Acara puncak diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan makan siang bersama para undangan dan peserta yang hadir. 


Ketua Pengarah SMSI Kepulauan Nias Bothaniman J Telaumbanua menutup acara dengan menyampaikan terima kasih kepada undangan dan berharap pers semakin jaya dalam menjalankan profesi serta terus menggalang kemitraan dengan berbagai pihak. 


"Soal kebebasan, kesejahteraan dan lainnya harus dipikirkan bersama sehingga ruang jurnalis semain baik," sarannya.


Penulis : Rudi

Editor : Son