Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 13 Februari 2024, 12:25 WIB
Last Updated 2024-02-20T05:29:16Z
DairiLinmasPemilu 2024Satpol PP

Satpol PP Dairi Rapat Bersama Linmas dan Polres Persiapan Pengamanan Pemilu 2024

Kasatpol PP bersama Polres Dairi memberikan arahan. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).

DAIRI, Sidikalang - nduma.id


Untuk mempersiapkan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Dairi, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Dairi dan Polres Dairi melakukan rapat bersama Linmas Pemilu Kabupaten Dairi pada Senin, 12 Februari 2024 melalui zoom meeting.


Kasatpol PP, Horas Parlagutan Pardede, menyampaikan bahwa rapat ini dilakukan agar seluruh Linmas Desa dan Kasi Linmas Kecamatan mengetahui tugas dan tanggung jawab mereka pada saat Pemilu nanti. 


Linmas akan ikut bertugas untuk mengamankan Pemilu di Tempat Pemungutan Suara (TPS), sehingga rapat tersebut penting untuk memastikan semua tugas dan tanggung jawab mereka dapat terlaksana dengan baik.


"Linmas inikan nantinya ikut bertugas untuk mengamankan Pemilu di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nanti. Jadi kita lakukan rapat, agar segala tugas dan tanggung jawab mereka dapat terlaksana dengan baik," ucapnya.


Tugas Linmas di TPS meliputi bertanggung jawab terhadap keamanan lokasi TPS, petugas KPPS, logistik Pemilu yang meliputi kotak suara, kartu suara, dan alat peraga lainnya. 


Selain itu, Linmas juga akan memeriksa pemilih yang akan masuk ke lokasi TPS, seperti apakah sudah ada tanda tinta di jari tangan, apakah membawa atribut partai atau paslon, serta apakah sudah membawa KTP. 


Linmas juga akan menjaga ketertiban calon pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya dan akan memastikan keamanan distribusi pengembalian kotak suara ke PPK kecamatan.


Kepala Seksi Trantib akan mengakomodir nomor kontak handphone seluruh Linmas dari setiap TPS di wilayah kerja kecamatan. 


Dalam hal ini, juga akan mengambil dokumentasi situasi dan kondisi, yang meliputi foto kertas plano hasil perhitungan akhir di setiap TPS dan mengirimkannya ke Admin Satpol PP Kabupaten Dairi.


Bupati Dairi, Eddy Berutu, juga mengajak seluruh masyarakat Dairi yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk hadir dan memberikan hak pilihnya serta sama-sama menyukseskan pemilu yang damai. 


Ia berharap pesta demokrasi di Kabupaten Dairi dapat berjalan dengan lancar.


"Mari ke TPS dan gunakan hak pilih kita dengan baik. Kita berharap pesta demokrasi di Kabupaten Dairi ini berjalan dengan lancar dan baik," ucap bupati.


Kabag Ops Polres Dairi, Kompol Martualesi Sitepu, SH MH, menghimbau kepada seluruh masyarakat Dairi untuk tidak terlibat dalam penyebaran berita hoax ataupun dalam money politik. 


Ia berharap agar Pemilu di Dairi dapat berjalan dengan lancar dan mudah tanpa adanya gangguan.


Penulis : Rudi

Editor : Son