Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 20 Maret 2024, 12:26 WIB
Last Updated 2024-03-20T05:26:09Z
KesehatanPakpak BharatStunting

Pakpak Bharat dan Tanoto Foundation Komitment Mengatasi Stunting

Wakil Bupati Pakpak Bharat (tengah) saat mengikuti Kick Off Meeting. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat).

Pakpak Bharat - nduma.id


Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat "Kick Off Meeting Program Pendampingan Teknis Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2024" bersama Tanoto Foundation.


Di acara itu, Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd menegaskan pentingnya mencapai target penurunan stunting hingga 14 persen di Kabupaten Pakpak Bharat. 


Dikatakan angka prevalensi stunting di Pakpak Bharat masih sangat tinggi jika dibandingkan dengan provinsi Sumatera Utara maupun Nasional. 


Oleh karena itu, diperlukan formula kebijakan dan strategi yang komprehensif untuk mengatasi permasalahan ini.


"Agar siklus terjadinya stunting dapat dicegah, maka diperlukan formulasi kebijakan dan strategi yang tepat dan komprehensif untuk mengatasi permasalahan yang ada," kata Wabup, Selasa, (19/3/2024).


Menurutnya untuk menghentikan siklus terjadinya stunting, diperlukan intervensi yang terpadu dan sistematis agar gerakan percepatan penurunan stunting terbangun dengan baik dan berkelanjutan. 


Mutsyuhito Solin menjelaskan bahwa semua pihak harus memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas dan keterjangkauan layanan serta peningkatan kesadaran akan pentingnya masalah stunting.


"Di Samping pentingnya kendali atas peningkatan kualitas dan keterjangkauan layanan bagi setiap sasaran prioritas hingga tingkat desa, diperlukan intervensi yang terpadu dan sistematis untuk memastikan gerakan percepatan penurunan stunting terbangun secara masif dan berkelanjutan," jelas Mutsyuhito Solin.


Tanoto Foundation merupakan sebagai pihak Pendamping Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Pakpak Bharat diharapkan bisa  menciptakan sebuah rencana tindak lanjut dan komitmen dari seluruh pihak untuk menanggulangi permasalahan stunting secara bersama. 


Tanoto Foundation merupakan sebuah yayasan filantropi independen yang memiliki visi meningkatkan kualitas kehidupan melalui bidang sosial, pendidikan, dan kemanusiaan. 


Dengan komitmen dari semua pihak dan kerja sama dengan Tanoto Foundation, diharapkan percepatan penurunan kasus stunting di Kabupaten Pakpak Bharat dapat terwujud.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son