Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 15 Maret 2024, 21:05 WIB
Last Updated 2024-03-16T00:08:22Z
Lalu lintasOprasi TobaPolisiSiantar

Polisi Edukasi Masyarakat di Sianțar, Pentingnya Ikuti Aturan

Petugas polisi memberikan stiker sosialisasi kepada pengendara. (Foto/Ari).

SIANTAR - nduma.id


Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keselamatan berlalu lintas, Polres Pematangsiantar laksanakan kegiatan preemtif Ops Keselamatan Toba 2024 yang berlangsung mulai tanggal 13 Maret 2024 hingga 26 Maret 2024.


Sosialisasi dilaksanakan dengan langsung turun ke jalan membagikan stiker berisikan pesan-pesan keselamatan sekaligus sosialisasi keselamatan kepada pengendara.


Khusunya yang melintas di Jalan M.H Sitorus Simpang Adam Malik sesuai tema "Keselamatan Berlalu Lintas Guna Terwujudnya Indonesia Maju" Jumat 15 Maret 2024 


Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno mengatakan Operasi Keselamatan Toba 2024 ini ditujukan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mengikuti peraturan lalu lintas dan memberikan imbauan bagi pengguna jalan agar tidak melakukan pelanggaran yang dapat menimbulkan kecelakaan.


"Ini demi mengimbau masyarakat untuk selalu mengutamakan keselamatan di jalan raya, dengan tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran lalu lintas," ucap AKBP Yogen Heroes.


Beberapa poin utama sosialisasi mencakup larangan menggunakan HP saat berkendara, dilarang mengemudi di bawah umur, berboncengan lebih dari 2 orang, wajib menggunakan helm atau safety belt, serta larangan mengemudi dalam pengaruh alkohol dan melebihi batas kecepatan


Selain itu, spanduk Operasi Keselamatan juga dipasang di beberapa titik di wilayah hukum Polres Pematangsiantar.


Dirinya berharap melalui kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat atau pengguna jalan, karena dengan mengutamakan keselamatan untuk diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. 


Tujuan utama dari kegiatan preemtif ini adalah mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas), menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, mengurangi korban fatalitas akibat kecelakaan, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.


Penulis : Ari

Redaktur : Rudi