Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 04 April 2024, 22:49 WIB
Last Updated 2024-04-10T15:50:51Z
DairiKementerian PertanianKetahanan Pangan

Dukung Kedaulatan Ketahanan Pangan, Bupati Dairi Audiensi di Kementerian Pertanian

Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, audiensi ke Kantor Kementerian Pertanian Republik Indonesia. (Foto/Dok Kominfo Dairi).

DAIRI – nduma.id


Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, audiensi ke Kantor Kementerian Pertanian Republik Indonesia di Jakarta, Rabu, 3 April 2024.


Kehadirannya disambut langsung oleh Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Suwandi, dan Staf Khusus Kementerian Pertanian, Hasil Sembiring.


Bupati menyampaikan pertemuan ini sebagai upaya mendukung kedaulatan ketahanan pangan di Kabupaten Dairi, terutama dalam subsektor tanaman pangan komoditi padi sawah.


Dalam pertemuannya, Bupati menyebutkan bahwa luas areal persawahan di Kabupaten Dairi mencapai 5.821 Ha dengan tingkat produktivitas 5-6 ton/hektar.


Namun, pada 5 tahun terakhir, 2962,5 Hektar lahan tidak optimal, akibat kerusakan jaringan irigasi, akses jalan, dan alsintan yang terbatas.


“Areal persawahan mencapai 5.821 ha dengan tingkat produktivitas 5-6 ton/hektar, dengan indeks pertanaman (IP) 2," ucapnya.


Apabila dilakukan optimalisasi pada 2962,5 Hektar lahan, maka dapat menyumbang produksi gabah sebesar 35.550 ton per tahun.


Oleh karena itu, dalam pertemuan ini, Bupati mengajukan permohonan dukungan berupa rehabilitasi jaringan irigasi tersier sebanyak 80 paket, pembangunan jalan usaha tani sebanyak 90 paket, pemberian benih padi dan saprodi seluas 2.962,5 hektar, pompa air sebanyak 50 unit, dan hand tractor sebanyak 90 unit.


"Kami mengajukan permohonan dukungan berupa rehabilitasi jaringan irigasi tersier sebanyak 80 paket, pembangunan jalan usaha tani sebanyak 90 paket, pemberian benih padi dan saprodi seluas 2.962,5 hektar, pompa air sebanyak 50 unit, dan hand tractor sebanyak 90 unit," tutur Eddy Berutu.


Pengajuan permohonan dukungan ke Kementerian Pertanian ini juga menjadi upaya mengatasi keterbatasan anggaran dalam penyediaan sarana dan prasarana pendukung lahan persawahan di Dairi.


Bupati menegaskan bahwa anggaran terbatas tidak dapat mengcover semua pembangunan di Dairi, sehingga perlu ada dukungan dari Kementerian Pertanian.


Ia juga menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan Kementerian Pertanian dan berharap semua pembangunan yang dibutuhkan dapat terpenuhi dan mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.


Dalam kegiatan tersebut, Bupati didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Kpp Dairi, Robot Manullang.


Pengajuan dukungan dari Kementerian Pertanian diharapkan dapat mendukung optimalisasi pembangunan pertanian di Kabupaten Dairi untuk mencapai kedaulatan ketahanan pangan.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son