Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu
Jumat, 26 April 2024, 13:24 WIB
Last Updated 2024-04-27T06:25:35Z
MahasiswaPakpak BharatPendidikan

Pemkab Pakpak Bharat Gelontorkan 6,7 Miliar Untuk Beasiswa Mahasiswa

Bupati Pakpak Bharat foto bersama Mahasiswa. (Foto/Istimewa).

Pakpak Bharat - nduma.id


Franc Bernhard Tumanggor, Bupati Kabupaten Pakpak Bharat menyerahkan bantuan beasiswa bagi mahasiswa di Politeknik Kesehatan Negeri Medan di Kampus Dairi, Rabu, 24 April 2024. 


Bupati juga didampingi oleh Staff Ahli Bupati Bidang Pendidikan, SDM dan Kesehatan, Maranatha M Padang, M.Si, serta Sekretaris Dinas Pendidikan Pakpak Bharat, Juanda Bancin, S.Pd.


Disana Bupati menyampaikan harapannya bahwa bantuan pendidikan ini dapat memberikan motivasi bagi para siswa berprestasi serta menjadikan mahasiswa lebih giat dalam menggapai cita-cita dan menjadi kebanggaan bagi keluarga. 


Dalam acara tersebut, Bupati juga menyampaikan harapannya beasiswa ini dapat mendorong terbangunnya sumber daya insani yang mampu berperan dalam memutus rantai kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, serta meningkatkan motivasi belajar bagi mahasiswa untuk berprestasi.


"Kami yakin bahwa bantuan pendidikan ini dapat memotivasi para siswa berprestasi serta menjadikan mahasiswa lebih giat dalam menggapai cita-cita dan menjadi kebanggaan bagi keluarga," kata Franc Bernhard Tumanggor dalam acara ini.


Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat sendiri telah menggelontorkan anggaran sebesar 6,7 miliar rupiah yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang memenuhi syarat dan berhak menerimanya. 


Pada tahun 2024 ini, sebanyak 457 orang mahasiswa terpilih telah diberikan beasiswa yang terdiri dari 443 mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia, serta 14 orang siswa SMA Unggulan yang ada di Sumatera Utara.


Bupati berharap bahwa para penerima beasiswa dapat mengembangkan orientasinya, setelah lulus tidak hanya mencari lowongan kerja, melainkan mencoba berinovasi dan berwirausaha untuk mengembangkan diri serta bersedia memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pakpak Bharat.


"Sebenarnya moment ini menjadi moment yang paling emosional bagi saya, karena saya sangat bangga melihat adik-adik mendapat kesempatan untuk meraih prestasi dan juga dapat menunjukkan kepada bapak juga ibu kalian, adik-adik bisa membanggakan keluarga," sebut Franc Bernhard.


Para mahasiswa yang menerima beasiswa ini juga berterima kasih kepada Bupati dan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, karena atas bantuan beasiswa yang diberikan mereka dapat melanjutkan studinya. 


Mereka juga berharap bahwa kedepan beasiswa ini dapat terus berlanjut agar generasi muda Pakpak Bharat dapat melanjutkan pendidikan mereka dan mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang.


Direktur Poltekkes, R.R.Sri Rini Winarti Rinawati, SKM., M.Kep melalui Sekretaris Jurusan Keperawatan, Amira Permata Sari Tarigan S.Kep, Ns, M.Kes juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat atas dipercayakannya para pelajar terbaik Pakpak Bharat untuk menimba ilmu di Poltekes ini.


"Senang sekali bisa turut ambil bagian dalam upaya pembangunan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Pakpak Bharat, kedepan kami berharap bisa berkontribusi lebih luas lagi dalam membangun Kabupaten Pakpak Bharat," ucap Amira Permata Sari.


Dalam rangka terus mengembangkan sumber daya manusia di Kabupaten Pakpak Bharat, mereka berharap dapat berkontribusi lebih banyak lagi dalam membangun Kabupaten Pakpak Bharat di masa depan. 


Penulis : Rudi

Redaktur : Son