Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 24 April 2024, 12:18 WIB
Last Updated 2024-04-24T05:33:03Z
Fakultas KehutananHari BumiSimalungunUniversitas Simalungun

Peringati Hari Bumi 2024 Pengurus Cabang Sylva Indonesia Pengabdian ke Masyarakat

Foto bersama setelah selesai kegiatan pemberian materi dan melakukan penanam di areal SD no 096138. (Foto/ Istimewa).

SIMALUNGUN - nduma.id


Hari Bumi adalah acara tahunan yang dirayakan di seluruh dunia setiap tanggal 22 April untuk menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan. 


Kegiatan tersebut dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap bumi.


Setiap tahunnya cabang pengurus Sylva Indonesia ( PSCSI ) Universitas Simalungun (USI) selalu melaksanakan kegiatan pengabdian dalam memperingati hari bumi. 


Namun di tahun kemarin hanya melakukan kegiatan kebersihan di dalam kampus.


Menurut Risky Marpaung, selaku ketua panitia kegiatan hari bumi 2024, mereka tidak hanya membawa nama Prodi Kehutanan saja tetapi juga membawa organisasi mereka yaitu Pengurus Cabang Sylva Indonesia Universitas Simalungun (PCSI USI).


"Kegiatan ini kami lakukan untuk memperingati Hari Bumi, dimana yang kita tau bahwa bumi kita sekarang lagi  tidak baik-baik saja karena ulah manusia itu sendiri," kata Risky Rabu , (24/04/24).


Beberapa tindakan yang diambil mahasiswa kehutanan untuk memperingati hari bumi yaitu, sosialisasi dan edukasi bersama generasi muda atau anak-anak siswa Sekolah Dasar di Desa Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun.


Penanaman dan pembagian bibit pohon bersama masyarakat Desa Purba Pasir, Kecamatan  Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun, aksi bersih-bersih bersama masyarakat dan tabur bibit ikan nila di Danau Toba.


"Untuk kegiatan ini kami menyediakan 400 bibit pohon, 10.000 bibit ikan," jelas Riski.


Tujuan kegiatan hari bumi ini untuk memberikan dan menyampaikan kepada masyarakat bahwasanya bumi sekarang butuh lebih di perhatikan lagi agar nantinya bumi kita ini lebih baik kedepannya. 


Oleh karena itu  mahasiswa Kehutanan melakukan aksi menanam pohon, aksi bersih bersih, aksi tabur ikan di Danau Toba, dan sosialisasi dan  edukasi bersama adik adik siswa sekolah dasar.


Selama keberlangsungan kegiatan hari bumi ini, fungsionaris Fakultas Pertanian selalu mendampingi. 


Terealisasikannya kegiatan tersebut juga mendapat dukungan dan bantuan dari pihak pihak yang bersangkutan dari  Dekan Fakultas Pertanian (FE), Kaprodi Kehutanan FP USI, serta beberapa dosen kehutanan FP USI dan pihak pihak lainnya.


Kegiatan ini mendapat respon positif dari mahasiswa karena kegiatan ini dapat membantu masyarakat dalam hal untuk peduli lingkungan.


Hal senada disampaikan ketua BEM Fakultas Pertanian Universitas Simalungun, Kiki Saragih mengatakan mahasiswa kehutanan berkomitmen memberikan dampak yang positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitar.


"Harapannya kegiatan ini dapat selalu berkelanjutan melalui mahasiswa kehutanan dan memberikan dampak yang positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitar serta mahasiswa lebih berperan untuk menerapkan tujuan dan makna kegiatan yang telah dilaksanakan," terang Kiki Saragih.


Risky Marpaung selaku ketua panitia didampingi Kiki Saragih selaku ketua BEM FP mengatakan pihak sekolah dasar, mengucapakan banyak terimakasih dan bangga atas kegiatan yang dilakukan mahasiswa dari Universitas Simalungun.


"Tanggapan dari pihak sekolah dasar, mengucapakan banyak terimakasih dan bangga atas kegiatan tersebut dan mereka sangat  sangat mengapreasiasi kegiatan karna masih perduli terhadap lingkungan dan mau berbagi ilmu kepada adik adik sekolah dasar untuk menjaga lingkungan disekitarnya, terlebih lagi didaerah sana baru saja terjadi bencana longsor di air terjun binanga bolon," ucap Risky.


Penulis : Ari

Redaktur : Rudi