Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 23 April 2024, 15:53 WIB
Last Updated 2024-04-23T08:53:57Z
AgamaMTQPakpak Bharat

Wabup Buka Musabaqah Tilawatil Quran di Kecamatan Kerajaan Pakpak Bharat

Suasana pembukaan MTQ di Kecamatan Kerajaan. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat).

Pakpak Bharat - nduma.id


Kecamatan Kerajaan di Kabupaten Pakpak Bharat menjadi perhelatan pertama Musabaqah Tilawatil Quran tahun 2024.


Wakil Bupati Pakpak Bharat H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd membuka acara MTQ tingkat kecamatan ini di halaman Kantor Camat Kerajaan, Selasa, 23 April 2024.


Dalam arahannya, Mutsyuhito Solin menyatakan bahwa MTQ merupakan program nasional yang harus diikuti dan disikapi dengan gembira.


Katanya karena membaca Quran adalah kebiasaan yang harus dibudayakan, kita harus terbiasa membaca Alquran dalam keluarga. 


"Musabaqah Tilawatil Quran ini merupakan Program Nasional, maka oleh karenanya harus kita sikapi sebagai warga Negara dengan gembira dan semarak," ucap Mutsyuhito Solin dalam arahannya.


Cara menyikapinya dikatakan seperti keahlian dalam berbicara bahasa Pakpak yang fasih, begitu juga dalam membaca Alquran harus kita latih dalam kebiasaan sehari-hari. 


"Kita membaca, membiasakan, dan membudayakan menjadi satu paket agar kita bisa membaca dan memahami Alquran sesuai dengan tuntunan yang terkandung di dalamnya," tandas Wabup.


MTQ tingkat Kecamatan Kerajaan ini diawali dengan Pawai Ta'aruf oleh seluruh peserta yang datang dari seluruh desa di kecamatan. 


Pawai Ta'aruf disambut oleh iringan musik drumband para pelajar Madrasah Tsanawiyah Sukaramai. 


Acara MTQ tahun ini membawa tema "Membangun Generasi Qurani untuk Mewujudkan Kecamatan Kerajaan yang Rukun Agamis dan Berbudaya".


Camat Kerajaan H Wenta Banurea, ST menyatakan bahwa MTQ tahun ini harus mampu menghasilkan Qori dan Qoriah yang mampu membumikan Alquran ke seluruh dunia. 


Selain itu, Kecamatan Kerajaan juga harus selalu eksis dengan jiwa toleransi yang menjadikannya sebagai kecamata yang rukun agamis dan berbudaya.


MTQ Tingkat Kecamatan Kerajaan adalah bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam melestarikan Alquran dan menumbuhkan generasi Qurani yang peduli dengan agama dan budaya di lingkungan sekitarnya. 


Penulis : Rudi

Redaktur : Son