Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Senin, 06 Mei 2024, 12:47 WIB
Last Updated 2024-05-06T05:59:17Z
PaskibraSianțar

2 Pelajar Sianțar Seleksi Paskibraka Tingkat Sumut dan Nasional

Foto bersama melepas 2 peserta Paskriba. (Foto/Istimewa).

SIANTAR - nduma.id


Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA bersama Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting SH melepas 2 pelajar mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Nasional Tahun 2024. 


Ke Dua nya diberangkatkan dari rumah dinas wali kota, Jalan MH Sitorus. Minggu 5 Mei 2024 pagi. 


Kedua pelajar tersebut yaitu Arga Christian Ibrena Siregar siswa SMA Methodist dan Angelica Anggita Hutajulu siswi SMA Sultan Agung.


“Kalian adalah orang-orang terpilih, yang pantas mewakili Kota Pematangsiantar dalam mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Untuk itu kami mengucapkan selamat kepada para pelajar yang telah berhasil terpilih mewakili Kota Pematangsiantar," kata dr Susanti.


Susanti berharap kepada keduanya agar dapat menjaga nama baik daerah dan juga orang tua.


"Kami dan masyarakat Pematangsiantar terus mendoakan kalian terpilih dalam seleksi ini,” tukasnya.


Susanti juga berpesan untuk tetap menjaga kesehatan dan tidak upa berdoa. 


Sehingga yang dicita-citakan bersama dapat tercapai.


"Tetap semangat ya anak-anak sekalian," sebutnya.


Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pematangsiantar Ir Ali Akbar dalam laporannya menyampaikan, Arga Christian Ibrena Siregar dan Angelica Anggita Hutajulu akan mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Sumut. 


Jika terpilih nantinya, akan dikirim ke pusat untuk mengikuti seleksi sebagai peserta Paskibraka Nasional mewakili Provinsi Sumut, serta akan dibina oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).


Ali Akbar didampingi Dermawan Rommer Siallagan, Sekretaris Kesbangpol Ari Umastuti Kalpiningtyas, Kabid Ideologi Jan Sarden Morgan Damanik, dan Bendahara  Handoko Saputra Bendahara menambahkan, kedua putra dan putri tersebut merupakan peserta hasil seleksi Calon Paskibraka Tingkat Kota Pematangsiantar yang diselenggarakan 28 Februari 2024 sampai 6 Maret 2024. 


Mereka telah melalui 7 tahapan seleksi, yaitu Seleksi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Seleksi Intelegensia Umum, Seleksi Kesehatan, Seleksi Parade, Seleksi Kesamaptaan, Seleksi Pengetahuan Baris Berbaris, serta Seleksi Minat Bakat dan Kepribadian


Dengan total peserta sebanyak 338 orang, terdiri dari putra 201 Orang dan putri 137 orang. 


Dari 338 peserta tersebut, Arga Christian Ibrena Siregar meraih peringkat 1 putra dan Angelica Anggita Hutajulu meraih peringkat 1 putri.


"Jadi merekalah yang terpilih menjadi utusan dari Kota Pematangsiantar untuk mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi Sumatera Utara dan Tingkat Nasional,” jelasnya. 


Penulis : Ari

Redaktur : Rudi