Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 01 Mei 2024, 16:42 WIB
Last Updated 2024-05-01T09:43:05Z
Hari BuruhMau DaySianțar

Hari Buruh di Kota Pematangsiantar Tahun 2024 Meriah

Suasana hari buruh di Lapangan Adamalik Sianțar. (Foto/Istimewa).

SIANTAR - nduma.id


Peringatan Hari Buruh (May Day) berlangsung meriah dan semarak di Kota Pematangsiantar. 


Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA berbaur dan bersuka cita bersama para buruh di Lapangan Adam Malik, Rabu 1 Mei 2024.


Acara diawali pawai yang dikuti para buruh dari berbagai federasi dan serikat yang ada di Kota Pematangsiantar. 


dr Susanti didampingi Unsur Forkopimda melepas peserta pawai dari balai bolon Lapangan Adam Malik, Jalan MH Sitorus. 


Selanjutnya peserta pawai yang dimeriahkan marching band Perguruan Taman Siswa Pematangsiantar, menuju Jalan Adam Malik. 


Masuk ke Jalan Merdeka, Jalan Bandung, Jalan Sutomo, Jalan Sudirman, dan kembali ke Lapangan Adam Malik.


dr Susanti dalam sambutannya mengatakan peringatan Hari Buruh tahun ini mengusung tema : Kerja Bersama Mewujudkan Buruh/Pekerja yang Kompeten.


"Selamat Hari Buruh Internasional. Mari kita saling bergotong royong menciptakan Kota Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," kata dr Susanti.


Masih kata dr Susanti, peringatan Hari Buruh memiliki makna menghargai kinerja para buruh untuk kemajuan sebuah bangsa. 


Untuk berdialog mencari jalan terbaik dinamis dan  berkeadilan serta memperluas produktivitas dan daya saing pekerja.


Buruh, lanjutnya, merupakan elemen penting sebuah bangsa yang memberikan kontribusi ekosistem ketenagakerjaan demi mencapai tujuan bersama.


"Harus kita antisipasi sebaik mungkin hingga ketahanan pangan nasional secara keseluruhan untuk ke depan, dan meningkatkan jumlah investasi serta mengurangi angka pengangguran," terangnya.


Dilanjutkan dr Susanti, kegiatan peringatan Hari Buruh juga menjadi wadah untuk persatuan mewujudkan Indonesia Emas 2045. 


Serta menghadirkan langkah konkret kesejahteraan pekerja secara keseluruhan.


"Pemko Pematangsiantar terus berkomitmen menciptakan tenaga kerja terlatih dan berkompeten agar para buruh memiliki produktivitas secara menyeluruh dengan perubahan yang terjadi di dalam menciptakan tenaga kerja dan kompetensi," katanya lagi.


Kepada para buruh, dr Susanti mengharapkan agar dapat menjaga Kota Pematangsiantar tetap aman dan nyaman, sehingga investor merasa nyaman di Kota Pematangsiantar untuk mendukung program pembangunan nasional ke arah yang lebih baik.


Sebelumnya, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Pematangsiantar Robert Sitanggang, SSTP MSi mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk menjadikan buruh dan pemerintah serta federasi dapat bersama menciptakan ekosistem buruh yang harmonis. 


Perwakilan buruh, Akhwal Sitanggang mengucapkan Selamat Hari Buruh Internasional Tahun 2024. 


Katanya, Hari Buruh Internasional dirayakan seluruh perangkat serikat buruh di seluruh daerah.


"Kami pimpinan federasi mengucapkan terima kasih kepada Ibu Wali Kota yang telah berkenan memberikan fasilitas untuk peringatan Hari Buruh Internasional," sebutnya. 


Ditambahkannya, selama ini hubungan industrial sudah baik antara pekerja dan pengusaha yang membangun penguatan ekonomi di Kota Pematangsiantar.


Acara diisi dengan penyampaian Pernyataan Sikap Buruh oleh perwakilan buruh Suryati Simanjuntak kepada Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA, pemberian tali asih, pemotongan kue tart dan tumpeng, penampilan Tortor Sombah dari pelajar SMA Teladan, dan dimeriahkan undian lucky draw dengan berbagai hadiah menarik.


Hadir dalam kesempatan tersebut, Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno SH SIK, Dandim 0207 Simalungun Letkol Inf Slamet Faozan, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematangsiantar Muqorobin, Kepala Cabang Bank Sumut Suhardi Sembiring, Kepala Cabang BPJS Kesehatan dr Kiki Chrismar Marbun AAK, pimpinan serikat pekerja dan konfederasi, Sekda Pematangsiantar Junaedi Sitanggang SSTP MSi, Staf Ahli, pimpinan OPD Pemko Pematangsiantar, serta para buruh. 


Penulis : Ari

Redaktur : Rudi