Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 07 Mei 2024, 09:56 WIB
Last Updated 2024-05-07T02:56:17Z
Angkatan KerjaDinas SosialPakpak Bharat

Pemkab Pakpak Bharat Penyuluhan dan Bimbingan Tingkatkan Kualitas Angkatan Kerja

Suasana kegiatan bimbingan. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat). 

Pakpak Bharat - nduma.id


Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Sosial menggelar Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan bagi para pencari kerja, khususnya alumni Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di kabupaten tersebut. Senin 6 Mei 2024.


Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu para pencari kerja dalam memasuki dunia kerja formal.


Kepala Dinas Sosial Pakpak Bharat, Supardi Padang, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu mengedukasi para pencari kerja dalam memahami, mempersiapkan dan mengembangkan dirinya, sesuai dengan persyaratan kerja yang semakin spesifik dan dinamis. 


Hal ini dilakukan untuk membantu para pencari kerja memecahkan permasalahan yang terkait dengan pemilihan pekerjaan atau jabatan sesuai dengan disiplin ilmu yang diperoleh.


"Ini sengaja dilaksanakan guna membantu masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat yang merupakan pencari kerja/ adik-adik alumni SMA/SMK Sederajat dalam memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan pemilihan pekerjaan atau jabatan sesuai dengan disiplin ilmu yang diperoleh," jelas Supardi Padang.


Lebih lanjut, Supardi Padang menjelaskan bahwa prinsip penempatan tenaga kerja adalah "The Right Man on The Right Job". 


Untuk memenangkan persaingan di pasar kerja sektor formal, para pencari kerja harus memiliki 3 kriteria, yaitu kualifikasi, kemampuan, dan keahlian.


Dalam kegiatan tersebut, Dinas Sosial Kabupaten Pakpak Bharat juga memperkenalkan aplikasi "Siap Kerja" (Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan) sebagai platform utama digital layanan publik yang bergerak di bidang ketenagakerjaan. 


Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat, lembaga, hingga perusahaan dalam mengakses layanan yang sudah disiapkan.


Selain itu, Dinas Sosial Kabupaten Pakpak Bharat juga mengundang Kepala Cabang Medan PT. Mitra Sinergi Sukses Bapak Ricky, yang merupakan salah satu Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia ke Negara Jepang. 


Ricky memberikan penjelasan mengenai informasi lapangan kerja yang tersedia di Negara Jepang, mekanisme/ proses keberangkatan yang sah, pembiayaan, gaji UMR setelah dikonversi dengan Rupiah sebesar Rp. 18.000.000/ bulannya, dan persiapan pelatihan N5 dan N4.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son