Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 08 Mei 2024, 20:26 WIB
Last Updated 2024-05-09T03:31:45Z
Siantar Jemaah HajiUmroh

Pemko Pematangsiantar Tepung Tawar 198 Jamaah Calon 2024 M

Prosesi tepung tawar oleh walikota Pematangsiantar. (Foto/Istimewa).

SIANTAR - nduma.id


Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA bersama Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting SH dan Forkopimda melakukan tepung tawar kepada 198 jamaah calon Haji / Hajjah Kota Pematangsiantar 1445 H/2024 M.


Tepung tawar sekaligus penyematan tanda Jamaah dan pemberian souvenir berupa Ihram dan Mukena berlangsung di rumah dinas wali kota, Jalan MH Sitorus. Rabu 8 Juni 2024.


Dalam sambutannya, dr Susanti mengatakan tepung tawar kepada Jamaah Calon Haji / Hajjah merupakan kegiatan rutin yang menjadi momentum sebelum keberangkatan ke Tanah Suci.


Diharapkan momentum ini menjadi ajang saling memaafkan dan semoga para Jamaah Calon Haji / Hajjah mendapatkan predikat haji mabrur dan hajjah mabruroh.


Menurut dr Susanti, kesempatan menunaikan ibadah haji merupakan keberkahan.


"Allah SWT menggerakkan Bapak/Ibu untuk berangkat ke Tanah Suci. Kiranya yang menjadi niatan dapat terkabul. Agar Bapak/Ibu memenuhi segala persyaratan kesehatan dan pengetahuan. Harapan kita, Bapak/Ibu menjalankan ibadah dengan semaksimal mungkin," terang dr Susanti.


"Kami Pemko Pematangsiantar dan saya sebagai wali kota mohon doa agar di dalam menjalankan amanah sebagai kepala daerah dapat mewujudkan harapan masyarakat Kota Pematangsiantar, selalu rukun, damai, dan kondusif, serta dapat berjalan dengan baik," lanjutnya.


Dalam kesempatan itu, dr Susanti menyampaikan dirinya telah menunaikan ibadah haji di tahun 2009.


"Dan saat ini saya akan bagikan pakaian Ikhram dan Mukenah. Semoga ini akan menambah kekhusukan menjalankan ibadah. Nantinya Bapak/Ibu juga akan dilepas keberangkatannya dari depan Balai Kota Pematangsiantar," sebut dr Susanti.


Sebelumnya, Plt Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Pematangsiantar H Maranaik Hasibuan SAg MA menyampaikan jumlah Jamaah Calon Haji/Hajjah Kota Pematangsiantar sebanyak 198 orang.


Jamaah laki-laki tertua atas nama M Yusuf Harahap (87) dan termuda Ihsanul Mahendra (24).


Jamaah perempuan tertua Ummi Kalsum (81) dan termuda Desy Arianty (24).


Maranaik melanjutkan, Jamaah Calon Haji/Hajjah Kota Pematangsiantar tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 5 Embarkasi Medan bersama Jamaah Calon Haji/Hajjah Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Karo.


Mereka dijadwalkan masuk Asrama Haji Embarkasi Medan, Kamis 16 Mei 2024 mendatang pukul 17.00 WIB.


Kemudian keesokan harinya, Jumat 17 Mei 2024 pukul 16.45 WIB berangkat dari Bandara Internasional Kuala Namu menuju Madinah Arab Saudi.


Selanjutnya, tiba di hari yang sama di Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah.


"Sedangkan kembali ke Tanah Air dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Mekkah, Jumat 28 Juni 2024 pukul 02.10 WAS, dan tiba di Indonesia di hari yang sama pukul 17.40 WIB," jelasnya.


Maranaik juga menjelaskan, daftar tunggu (waiting list) yang telah mendaftar untuk berangkat haji Kota Pematangsiantar sebanyak 2.797 orang, terhitung sejak Februari 2012 hingga Januari 2024.


Turut hadir, Forkopimda Kota Pematangsiantar, Ketua Majelis Ulama (MUI) Kota Pematangsiantar Drs HM Ali Lubis, pimpinan OPD Pemko Pematangsianțar, dan lainnya.


Penulis : Ari

Redaktur : Rudi