Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 08 Mei 2024, 10:31 WIB
Last Updated 2024-05-08T03:31:30Z
MusrenbangnasPakpak BharatPembangunan Jangka Panjang

Wakil Bupati Pakpak Bharat Musrenbangnas Tahun 2024

Wabup Pakpak Bharat (tengah) di acara Musrenbangnas. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat).

Pakpak Bharat - nduma.id


Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin Dr, M.Pd, mewakili Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, hadir di Balai Sidang Jakarta Convention Center pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2024.


Kehadiranya dalam rangka penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2025, yang digelar pada 6 Mei 2024. 


Dalam acara itu, Presiden RI, H Joko Widodo memberikan arahan penting terkait dengan rencana pembangunan nasional.


"Kita telah memiliki rencana pembangunan jangka panjang dan jangka menengah, dan juga RKP, tetapi yang perlu ditingkatkan adalah sinkronisasi, sebab itu sinkronisasi menjadi kunci. Dari level kementerian sampai daerah, semuanya harus sejalan," jelas Presiden RI, Joko Widodo dalam arahannya.


Dalam acara itu, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan bahwa Rancangan Awal RKP Tahun 2025 telah memuat agenda penting yang mengacu pada Rencangan Akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045, Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029, serta beberapa agenda yang terkait dengan program presiden terpilih.


Wakil Bupati Pakpak Bharat menekankan bahwa harmonisasi program Pusat dan Daerah, orientasi hasil yang produktif, serta akurasi sasaran dan strategi alokasi anggaran harus menjadi prinsip dasar dalam perencanaan RKP, RPJPN 2025-2045 dan RPJMN.


"Integrasi antara program Presiden terpilih dan program pemerintah harus terus dilakukan menuju penetapan Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2025, sehingga program-program di daerah dapat selaras dengan program nasional," kata Wabup.


Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional menjadi penting untuk menentukan arah pembangunan nasional ke depan, dan daerah harus dapat menyesuaikan diri dengan rencana yang telah dibuat. 


Sejalan dengan prinsip dasar tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Pakpak Bharat berkomitmen untuk selalu mendukung rencana pembangunan nasional dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memastikan sinkronisasi antara program pusat dan daerah.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son