Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 27 Juni 2024, 09:39 WIB
Last Updated 2024-06-27T02:42:45Z
DairiKomisi Pemilihan UmumMaskotPilkada Dairi

Maskot dan Jingle, Sarana Kreatif Sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dairi 2024

Maskot KPU Dairi Pada Pilkada 2024. (Foto/Rudi)

Dairi – nduma,id


Sosialisasi menjadi aspek penting untuk kesuksesan Pilkada 2024.


Karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi memperkenalkan maskot dan jingle sebagai sarana baru dan kreatif dalam melakukan sosialisasi pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati Dairi tahun 2024.


Peluncuran maskot-jingle resmi dilakukan di Bale Karina Sidikalang. Rabu, 26 Juni 2024.


Dua biji Kopi mengenakan bulang-bulang adat Pakpak pada bagian atasnya yang di beri nama “Dairi” dan “Dame” resmi menjadi Maskot KPU Dairi.


"Dairi" merujuk pada arti Pilkada Dairi, sedangkan "Dame" berarti Dairi Memilih.


“Biji kopi melambangkan produk unggulan hasil pertanian dari Kabupaten Dairi,” kata Erika Elisabeth Lamtio Pakpahan, Ketua Panitia Peluncuran Tahapan dan Pengenalan Maskot- Jingle.


Sedangkan jingle pemilihan Bupati dan wakil Bupati Dairi tahun 2024 berjudul “Eta Mi TPS” yang dalam bahasa Pakpak memiliki arti “Ayo ke TPS” di ciptakan Ikram Angkat bersama band etnik asal Kabupaten Dairi, Pakpakustik.


“Harapannya semoga ini menjadi semangat kita semua dan masyarakat untuk datang ke TPS pada 27 November mendatang untuk memberikan hak suaranya, ” kata Ketua KPU Dairi  Ariyanto Tinendung.


Sebelum peluncuran maskot-jingle, KPU Dairi menggelar sayembara lomba cipta maskot-jingle dengan total hadiah sebesar Rp 53 juta.


Dari sayembara itu, terpilihlah maskot dan jingle kebanggaan masyarakat Dairi yang kini siap menemani sosialisasi Pilkada Dairi 2024.


Harapannya, sosialisasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dairi 2024 dapat lebih kreatif dan efektif meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024.


Pemenang lomba maskot KPU Dairi ini adalah juara 1 Gunawan Tumangger, juara 2 Dedek Iqbal Kaban, juara 3 Jonan Bako.


Sementara juara cipta jingle yakni, juara 1 Ikrami M Habibi, juara 2 Desy Natalia Tampubolon dan juara 3 Duat Holong Sihombing.


Penulis : Ari

Redaktur : Rudi