Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 12 Juni 2024, 16:00 WIB
Last Updated 2024-06-12T09:10:20Z
bayiDairiKesehatan

Pemkab Dairi dan USAID Teken Komitmen Bersama Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Foto bersama usai MOU. (Foto/Istimewa).

Dairi - nduma.id


Dalam upaya menekan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB), Pemerintah Kabupaten Dairi bersama United States Agency for International Development (USAID) menandatangani komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Selasa 11 Juni 2024.


Penandatanganan komitmen tersebut dilakukan dalam rapat koordinasi kesehatan yang diselenggarakan oleh Pemkab Dairi dan dihadiri oleh semua stakeholder terkait, termasuk Ketua Tim Mentor AKI dan AKB dr. David Luther Lubis dari USAID Momentum.


Pj Bupati Dairi Charles Bantjin mengatakan bahwa Dairi menjadi salah satu daerah yang mengalami naik turun kasus kematian ibu dan bayi baru lahir. 


Untuk itu, pihaknya berharap informasi yang lebih detail mengenai kondisi pelayanan kesehatan di Dairi dapat membantu menekan angka kematian ibu dan bayi. 


"Saya menginginkan informasi yang lebih detail dengan kondisi pelayanan kesehatan di Dairi sejalan dengan upaya transformasi kesehatan yang sedang dicanangkan oleh pemerintah pusat. Salah satunya adalah bagaimana Dairi dapat menerapkan secara baik program transformasi untuk integrasi pelayanan kesehatan primer yang dapat membantu menekan angka kematian ibu dan bayi,” kata Surung Chales Bantjin dalam sambutan tertulisnya. 


Integrasi pelayanan kesehatan primer diharapkan mampu memastikan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi semua warga Dairi.


USAID Momentum mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pemkab Dairi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan menurunkan angka kematian ibu dan bayi. 


Dukungan dari semua stakeholder di Dairi sangat penting untuk mengintervensi dalam menekan jumlah kematian yang dimaksud.


Kabupaten Dairi menjadi salah satu lokus pendampingan USAID Momentum dalam kegiatan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer dari empat kabupaten di Sumatera Utara.


Inovasi penurunan AKI AKB dengan memperkuat implementasi ILP yang dilakukan oleh Pemkab Dairi telah menjadi contoh bagi kabupaten-kabupaten lainnya. 


Semoga komitmen bersama ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Dairi.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son