Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 13 Juni 2024, 07:52 WIB
Last Updated 2024-06-14T00:54:10Z
BantuanDairiDisabilitas

Perhatian Pemerintah Kepada Masyarakat Pj Bupati Dairi Serahkan Bansos Untuk Penyandang Disabilitas

Pj. Bupati Dairi memberikan bantuan. (Foto/Istimewa).

Dairi – nduma.id


Sebanyak 69 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Dairi menerima Bantuan Sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui UPT Sentra Insaf Medan.


Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Dairi. Rabu, 12 Juni 2024.


Pj Bupati Dairi, Surung Charles Lamhot Bantjin, mengungkapkan bahwa bantuan ini merupakan wujud perhatian pemerintah pada warga penyandang disabilitas di Kabupaten Dairi.


Ia berharap bantuan ini dapat bermanfaat dan membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta penanggulangan kemiskinan, khususnya di Dairi.


"Bantuan ini adalah bentuk perhatian pemerintah, semoga bisa menjadi satu bagian terkecil untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan di Indonesia, khususnya di Dairi," ucap Charles Bantjin.


Selain pemberian bantuan, pemerintah juga berencana untuk pemberdayaan warga penyandang disabilitas.


Sebagai penyandang disabilitas, mereka tetap diharapkan untuk tetap semangat dalam menjalani hidup dan berinovasi dalam segala bidang yang ditekuni masing-masing.


Setiap individu memiliki kelebihan masing-masing yang harus diapresiasi dan dikembangkan.


"Kami berharap kepada saudara-saudara kami penyandang  disabilitas untuk tetap semangat dalam menjalani hidup, bangun percaya diri untuk tetap bekerja keras dan berinovasi dalam segala bidang yang ditekuni masing-masing. Karena yakinlah, setiap kita pasti memiliki kelebihan masing-masing," ujar Carles.


Sebelumnya, pemberian bantuan telah melalui penilaian atau assessment yang dilakukan secara door-to-door dan sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang berlaku.


Ada beberapa jenis bantuan yang diberikan, seperti modal usaha, kursi roda, tongkat elektrik, tripod, dan paket sembako.


Pemberian modal usaha berupa barang yang diperuntukkan untuk usaha bengkel, sepeda motor, usaha jahit, warung kelontong, warung makan, usaha pangkas, dan peternakan diberikan kepada 16 penyandang disabilitas.


Sebanyak 21 orang lainnya akan menerima kursi roda, 2 orang menerima tongkat elektrik, 2 orang menerima tongkat ketiak, dan 1 orang akan menerima tripod.


Selain itu, sebanyak 27 penyandang disabilitas juga akan menerima paket sembako yang berisi beras, minyak goreng, gula merah, sarden, kecap, abon, garam, energen, madu, biskuit, serta goodie bag.


Pj Sekda Kabupaten Dairi, Jonny Hutasoit, dan sejumlah pejabat lainnya turut hadir dalam pemberian bantuan ini.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son