Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Redaksi
Kamis, 18 Maret 2021, 13:19 WIB
Last Updated 2021-12-21T16:06:28Z
Kesehatan

Ingin Berat Badan Ideal? Begini Cara Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Foto : Ilustrasi

Memiliki berat badan ideal sering menjadi impian banyak orang, sebab dikaitkan dengan penampilan dan rasa percaya diri. Namun lebih dari itu, menjaga berat badan ideal nyatanya penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebab, berat badan berlebih atau obesitas bisa menjadi salah satu pemicu berbagai penyakit. 

Kabar baiknya, menjaga berat badan ideal sebenarnya tidak sulit dilakukan. Dengan menerapkan pola hidup sehat, berat badan bisa selalu terjaga sehingga risiko obesitas bisa dihindari. Lantas, bagaimana cara menjaga berat badan ideal? Apa saja pola hidup yang perlu diterapkan? Simak Jawabannya di bawah ini.

Tips Menjaga Berat Badan Ideal

Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa menurunkan berat badan hanya bisa dilakukan dengan mengurangi porsi makan, atau bahkan tidak makan sama sekali. Padahal, cara itu tidak benar dan bisa sangat berbahaya jika dilakukan. Bukannya mendapat berat badan ideal, tidak makan sama sekali malah bisa mengganggu kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Maka dari itu, perlu untuk mengetahui apa saja cara yang aman dan sehat dalam menurunkan berat badan. Dalam hal ini, menerapkan pola hidup sehat, di antaranya : 

1. Jenis Makanan yang Dikonsumsi 

Diet yang baik adalah diet yang tidak membuat tubuh sakit. Selain itu, penting untuk diingat bahwa diet bukan berarti tidak makan sama sekali. Tubuh tetap membutuhkan asupan makanan untuk bahan bakar agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Biar tidak mengalami kenaikan berat badan berlebih, penting untuk memilih jenis makanan yang dibutuhkan tubuh, yaitu makanan yang mengandung nutrisi lengkap, seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dan serat. 

2. Atur Porsi Makan 

Kunci dari penurunan berat badan adalah jumlah kalori yang masuk tidak boleh lebih banyak dari kalori yang dibakar. Artinya, hindari kebiasaan makan berlebihan atau makan dengan porsi yang banyak, terlebih jika tidak sering melakukan aktivitas fisik dalam satu hari.

3. Banyak Minum Air Putih 

Biar berat badan tetap ideal, biasakan untuk banyak minum air putih dalam satu hari. Sebab, asupan cairan bisa membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh. Hal ini juga bisa membantu sistem pencernaan lebih lancar dan tubuh bisa membakar lemak lebih banyak. 

4. Imbangi dengan Olahraga 

Pola hidup untuk menjaga berat badan ideal juga harus dilengkapi dengan olahraga atau aktivitas fisik. Rutin berolahraga bisa membantu menjaga kesehatan dan menurunkan risiko penyakit. Saat menjalani diet atau program penurunan berat badan, olahraga bisa membantu melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh. Sebab, seiring bertambahnya usia, kemampuan otot pencernaan biasanya akan mulai menurun. Hal itu bisa membuat metabolisme menjadi lebih lambat. Berolahraga juga bisa membantu membakar kalori dan memperkuat otot. 

5. Gaya Hidup Sehat 

Gaya hidup sehat perlu diterapkan untuk menjaga berat badan ideal. Agar terhindar dari obesitas, hindari kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol, malas bergerak, dan jangan sering mengonsumsi makanan cepat saji. 

Saat menjalani diet maupun pola hidup sehat untuk menjaga berat badan, kamu bisa coba berbicara dan meminta saran dari dokter.


Sumber : Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Berat Badan Ideal