DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Sabtu, 05 Maret 2022, 21:51 WIB
Last Updated 2022-03-05T14:51:18Z
Daerah

Wabub Pakpak Bharat Buka Konsultasi Publik dan Forum Lintas Perangkat Daerah


Konsultasi publik dan forum lintas perangkat daerah penyusunan RKPD Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2023 di Aula Rapat Bapelitbangda Kabupaten Pakpak Bharat. (Foto/Kominfo Pakpak Bharat)

PAKPAK BHARAT, Salak – nduma.id

Wakil Bupati Pakpak Bharat Dr.H.Mutsyuhito Solin menekankan hal penting yang wajib menjadi perhatian semua, supaya bersama-sama meningkatkan perencanaan pembangunan Kabupaten Pakpak Bharat yang berkualitas melalui inovasi dan kreativitas OPD dengan core values sada (solutif,adgile,disiplin dan amanah).

Bersama -sama  melakukan kolaborasi APBD Kabupaten dan APBDES untuk peningkatan pendapatan perkapita dari sektor pertanian bersama-sama  meningkatkan kerjasama OPD dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang selaras terintegrasi dalam database perencanaan.

Hal ini disampaikannya saat membuka pelaksanaan konsultasi publik dan forum lintas perangkat daerah penyusunan RKPD Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2023 di Aula Rapat Bapelitbangda Kabupaten Pakpak Bharat, Sindeka Salak, Rabu (23/02/22).

Wakil Bupati Pakpak Bharat Dr.H.Mutsyuhito Solin,M.PD mengatakan konsultasi publik merupakan memperoleh masukan dan saran dalam membahas penyusunan rancangan awal RKPD bersama dengan perangkat daerah dan para pemangku kepala  kepentingan.

Selanjutnya forum lintas perangkat daerah merupakan wahana antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan perangkat daerah sebagai wujud dari pendekatan partisifatif perencanaan pembangunan daerah.

Melalui konsultasi publik dan forum lintas perangkat daerah ini, Wakil Bupati Pakpak Bharat Dr.H.Mutsyuhito Solin,M.PD mengharapkandapat menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan hasil musrenbang di kecamatan. disamping itu juga dapat lebih mempertajam indikator dan target kinerja program dan kegiatan.

"selain itu, forum ini juga diharapkan dapat menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah maupun antar perangkat daerah dan dalam pelaksanaan diskusi kelompok nantinya yang merupakan bagian dari konsultasi publik dan forum lintas perangkat daerah ini, saya harapkan para pimpinan OPD  agar secara serius dan sungguh-sungguh memaparkan tentang rencana program dan kegiatan yang direncanakan untuk masing-masing OPD tahun 2023" katanya.

Pada kegiatan ini, Plt Kepala Bapelitbangda Kab.Pakpak Bharat Harryson Rumapea memaparkan sejumlah point diantaranya sinkronisasi Pembangunan pusat- daerah, dasar-dasar kebijakan RPJMN 2020-2024, agenda Pembangunan dalam RPJMN 2020-2024, pondasi dan pilar misi dalam pencapaian visi misi Kabupaten Pakpak Bharat,pertumbuhan ekonomi,  kontribusi sektor pertanian,industri pengolahan,perdagangan dan konstruksi dalam 5 tahun terakhir, PDRB perkapita Kabupaten Pakpak Bharat dan Provsu,IPM,target pembangunan serta point lainnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan dan para ketua komisi DPRD Kabupaten Pakpak Bharat; Pj sekretaris daerah,asisten,pimpinan OPD, para camat beserta kasubag PEP se-Kabupaten Pakpak Bharat; kepala BPS dan BPN Kabupaten Pakpak Bharat;kepala kantor kementerian agama Kabupaten PakpakBharat. para kepalaUPT perangkat daerahProvinsi Sumatera Utara; Direktur Perumda PAL; para tokoh masyarakat serta seluruh undangan dan hadirin lainnya. (**)