Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Kamis, 19 Mei 2022, 20:58 WIB
Last Updated 2022-05-21T14:03:08Z
DaerahPakpak Bharat

Bupati Pakpak Bharat Rakorwil APKASI Sumut

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor (Paling Kanan) di Rakor APKASI  Wilayah Sumatera Utara. (Foto/Kominfo Pakpak Bharat).

PAKPAK BHARAT, Salak - nduma.id

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor menghadiri Rapat Koordinasi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Wilayah Sumatera Utara Kamis, (19/05/2022).

Acara yang dilaksanakan di Kantor Bupati Serdang Bedagai, Jalan Negara, Kota Sei Rampah.

Rakorwil bertema “Dengan Kerjasama Antar Daerah Kita Tingkatkan Pendapatan untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Pemerintah Daerah”.

Bupati Pakpak Bharat bersama seluruh Bupati se Sumatera Utara menanda tangani  kerja sama antar Daerah (MoU) tentang Peningkatan Pendapatan Daerah dan Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Untuk Kesejahteraan Masyarakat.

Rakorwil APKASI wilayah Sumatera Utara ini memang dirancang dengan mengutamakan kerja sama antar daerah yang saling menguntungkan.

“Saya selaku koordinator wilayah APKASI Sumut, pada Rakorwil perdana ini saya mengatakan kita dapat mengemban amanah APKASI sesuai dengan visi yaitu membangun sinergi kerja antar pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat dengan semangat keberagaman wilayah sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi pada masa dan pasca pandemi,” ucap Bupati serdang Bedagai, H. Darma Wijaya dalam sambutannya.

Sementara itu Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provsu, Drs. H. Mhd Fitriyus, SH, MSP menyampaikan jika selama ini seluruh pihak telah berjuang bersama Forkopimda dan masyarakat untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

“ Rata-rata (kasus aktif) sudah zero belakangan ini. Hanya Medan saja yang bertambah, itu pun cuma dua kasus, mari kita sama-sama berdoa, kiranya pandemi Covid bisa hilang dan kita dapat beraktivitas kembali seperti biasa,” harapnya.

Tujuan dari APKASI di samping mengkoordinasikan pemerintah daerah dan pusat, APKASI juga berperan sebagai fasilitator kepentingan daerah dan pusat, menciptakan kerja sama dan kolaborasi yang kuat dan saling menguntungkan.

“Khususnya pasca pandemi Covid ini kita harus bangkit kembali, karena masih tersisa masalah perekonomian dan kesejahteraan rakyat, kiranya apa yang dihasilkan hari ini dapat diaplikasikan semuanya adalah untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya kemudian.

Sementara itu Ketua Umum APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan Rakorwil yang dilaksanakan pada hari ini penting dilakukan bagi peran dan fungsi APKASI, salah satunya adalah memfasilitasi dan memperjuangkan kepentingan anggota yang ada di wilayahnya, baik di tingkat provinsi maupun pusat.

“Maka dalam hal ini saya mengingatkan agar seluruh daerah memperkuat kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan antar daerah. Sesuai dengan pesan Presiden, kita mesti terus memperkuat perdagangan antar daerah, kabupaten, provinisi, dan pulau. Selain itu, masing-masing daerah harus punya produk unggulan masing-masing dan tentunya yang tak kalah penting juga kita mesti memperkuat sektor UMKM,” ucap Bupati Darmasraya itu.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang mesti dibangun dengan maksimal sesuai dengan visi APKASI, yakni membangun sinergi tata kelola pemerintahan yang baik sebagai upaya menyelaraskan program pemerintah pusat dan daerah, terutama dalam bidang ekonomi, sumber daya manusia dan pembangunan, menyelaraskan program pembangunan infrastruktur pemerintah pusat dengan program kabupaten untuk mempermudah akses ekonomi dan orang sehingga pembangunan berjalan efisien dan bermanfaat bagi masyarakat luas, memperkuat hubungan perdagangan antar kabupaten agar mampu meningkatkan pendapatan asli daerah dan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kerjasama bidang sosial-kemasyarakatan, budaya dan pariwisata untuk membenahi ekonomi terutama pemulihan ekonomi masyarakat akibat pandemi covid 19.

“Kita berharap kiranya kerja sama antar daerah yang kita sepakati dan kita tandatangani hari ini dapat membuka peluang besar bagi kita, demi membawa masyarakat Pakpal Bharat menuju kininduma sebagaimana telah kita cita-citakan,” ucap Bupati Pakpak Bharat. (red).