Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 27 Mei 2022, 20:54 WIB
Last Updated 2022-05-27T14:19:38Z
Dairi

Jelang Muscab, Markus Purba Sebut Demokrat Dairi Baik-Baik Saja, Semua Solid

Ketua DPC Partai Demokrat Dairi, Markus Purba dan ketua Bapilu, Surung Simanjuntak. (Foto/Rudi).

DAIRI, Sidikalang -nduma.id

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Markus Purba menanggapi kabar beredar yang mengatakan ada konflik internal di Partai Demokrat Kabupaten Dairi.

Dia memastikan saat ini kondisi Partai Demokrat Dairi baik-baik saja tidak ada konflik.

"Semua baik-baik aja, kalaupun ada cuma riak-riak kecil. Biasa menyambut Muscap Partai Demokrat Dairi," kata Markus Purba, Jumat (27/5/2022).

Terkait pergantian Ketua Pimpinan Anak Cabang di Partai Demokrat Dairi, Markus mengatakan sudah tepat dan sesuai aturan.

Dia melihat informasi yang tidak pas beredar di lapang hanya untuk melemahkan Demokrat.

Dia membenarkan kalau ada 7 Ketua PAC dari 9 PAC yang di ganti.

Pergantian dikatakan karena berbagai sebab seperti ada  ketua PAC yang sulit dihubungi, keberadaan domisili kantor tidak jelas, sekretariat tidak aktif lagi, ada ketua PAC yang tidak mambesarkan partainya di masing-masing wilayah, bentuk atribut di kecamatanyapun tidak ada. 

"Ada Ketua yang sudah menjadi BPD desa. Pengurus BPD tidak bisa terlibat dalam politik praktis dalam UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Untuk BPD pasal 64 huruf H, makanya di ganti," kata Markus 

Selain itu ada juga di katakan ketua DPC yang sudah pindah ke partai lain  dan ada yang memang mengundurkan diri.

Markus memaparkan pemberhentian dan pengangkatan Plt dan Ketua PAC Sekabupaten Dairi itu sesuai  instruksi ketua umum terpilih hasil kongres ke lima Partai Demokrat, pada 15 Maret 2020 lalu di Jakarta.

Dalam instruksinya DPP Partai Demokrat menginstruksikan kepada seluruh pengurus DPP, DPC dan DPAC sampai ketingkat ranting untuk melakukan validasi SK di tingkat masing-masing. 

Tujuannya untuk mengganti susunan pengurus partai bagi mereka yang sudah tidak aktif di pengurusan. 

Berdasarkan instruksi partai Demokrat tersebut seluruh ketua DPC Se-Indonesia termasuk DPC Kabupaten Dairi melakukan validasi seluruh pengurus PAC yang tidak aktif lagi di partai. 

"Pergantian harus dilakukan untuk memanaskan mesin partai menuju pemilu 2024 mendatang," ujar Ketua Bapilu Partai Demokrat Dairi, Sudung Simanjuntak.

Rapat pleno di lakukan dan dihadiri pengurus harian, ketua Bapilu BPOKK, ketua, sekretaris, dan bendahara di tandatangani. (nd1).