Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 14 Juli 2022, 09:00 WIB
Last Updated 2022-07-15T02:05:18Z
DaerahPakpak Bharat

Febelia Boru Waruwu Dapat Layanan “Sipope” Polres Pakpak Bharat

Febelia Boru Waruwu menjalani pemeriksaan di RSUD Salak. (Foto/Obah Solin)

PAKPAK BHARAT, Tinada –nduma.id

Kapolres Pakpak Bharat AKBP Rocky H. Marpaung menyambangi Febelia Boru Waruwu (22).

Febelia adalah warga Desa Silima Kuta Kecamatan Tinada Kabupaten Pakpak Bharat yang kondisi kaki dan tangannya mengalami kelumpuhan.  

Rabu 13 Juli 2022 kemarin, Febelia dijemput personil Polres Pakpak Bharat dibawa ke Rumah Sakit Umum Salak untuk menjalani perawatan.

Dari pemeriksaan, Dr. Benni Barus yang bisa menangani Febelia mengatakan ada gangguan pada pernafasan Febelia.

Usai menjalani pemeriksaan, Febelia bersama ibunya Yanti Boru Padang (47) beranjak ke Mapolres Pakpak Bharat untuk makan bersama dengan Kapolres, Tokoh Pemuda dan personil Polres Pakpak Bharat.

“Persoalan kemanusiaan adalah tanggung jawab kita bersama dalam kegiatan Sipope atau Si Polisi Penolong. Selalu mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan tanpa membedakan suku , agama dan RAS selagi dalam konteks kemanusiaan saya akan selalu bantu,“ Ujar Rocky H Marpaung. Rabu (13/7/2022).

Yanti Boru Padang ibu Febelia terlihat menangis haru dengan kepedulian Kapolres Pakpak Bharat.

“Sebelumnya sudah dibelikan kursi roda oleh kapolres Pakpak Bharat juga biaya untuk kebutuhan sembako sehari hari,” ujar Yanti.

Dikatakan sehari-harinya Yanti masih tinggal menumpang di rumah keluarganya dan bekerja sebagai pekerja upahan dengan bayaran Rp. 70.000, per hari.

Jika tidak ada pekerjaan, Yanti bercocok tanam jagung di tanah warisan dari tanah orang tua.

 “Saya akan selalu ada buat Lia hingga akhir hidup dengan segala keterbatasan  selalu berjuang untuk Lia” ujar Ibu 4 anak itu.

Melihat kondisi keluarga itu, Yayasan Harapan Tanoh Kekelengen dan Komunitas KAUM Lemah Pakpak Bharat prihatin dan terpanggil untuk menggalang dana pembangunan Rumah Yanti.

Kamis 14 Juli 2022 Rekening resmi dibuka di BRI Cabang Salak  Dengan Norek : 537601025022532 Atas nama Yanti Padang.

Jika ingin berdonasi untuk pembangunan Rumah boleh ditransfer ke rekening tersebut

“Saya  ketua Komunitas Kaum Lemah Pakpak Bharat sangat berterima kasih kepada Pak Kapolres atas kepeduliannya terhadap nilai nilai kemanusiaan , ini mungkin salah satu upaya kemanusiaan dari banyak kegiatan kemanusiaan yang sudah dilakukan Sipope atau Si Polisi Penolong,“ ujar Shawal Boangmanalu

Shawal juga berharap Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat ikut andil dalam upaya untuk perawatan kesehatan Febelia Waruwu serta dalam proses penggalangan dana untuk rumah yang dibangun

“Sebagaimana diatur dalam pasal 34 UUD 45 Ayat 1 “ Fakir Miskin dan Anak terlantar dipelihara oleh negara “  Ayat 2 “ Negara Mengembangkan Sistem Jaminan Sosial Bagi Seluruh Rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan” tungkas Shawal. (Obah)