Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Minggu, 17 Juli 2022, 09:37 WIB
Last Updated 2022-07-18T02:38:23Z
Daerah

Pemko Pematangsiantar Janji Perhatikan Atlet Catur

Plt walikota pematangsiantar menyerahkan hadiah kepada juara satu turnamen catur tingkat umum. (Foto/Ari).

Pematangsiantar - nduma.id

Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA berjanji akan memberikan perhatikan kepada para atlet termasuk catur.

Ini dikatakan saat menutup Turnamen Catur Percasi Non Master se-Kota Pematangsiantar, di Balai Bolon Lapangan Haji Adam Malik Kota Pematangsiantar, Sabtu (16/7/2022) sekitar pukul 15.20 WIB.

Panitia Turnamen Catur Percasi Non Master se-Kota Pematangsiantar Sofian Bakkara melaporkan, Turnamen Catur tersebut memperebutkan Piala Bergilir Wali Kota Pematangsiantar dan Piala Tetap Ketua Pengkot Percasi Pematangsiantar.

Turnamen diikuti berbagai kalangan masyarakat dan pelajar se-Kota Pematangsiantar, yang berlangsung 25 Juni -10 Juli 2022.

lima pemenang tahap seleksi Kecamatan bertanding di babak final, Sabtu (16/7/2022) di Balai Bolon Lapangan Haji Adam Malik. 

"Para pemenang menerima Piala Bergilir, Piala Tetap, Sertifikat, dan Uang Pembinaan” sebutnya.

Ketua Pengkot Percasi Pematangsiantar, Astronout Nainggolan yang juga anggota DPRD Kota Pematangsiantar mengatakan, pengurus Percasi Kota Pematangsiantar mengapresiasi Plt Wali Kota yang memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Turnamen Catur Percasi Tahun 2022.

"Serta dapat meringankan langkahnya untuk dapat hadir dalam kegiatan ini. Turnamen Catur Percasi tahun ini memperebutkan Piala Bergilir Wali Kota Pematangsiantar dan Piala Tetap Ketua Pengkot Percasi Pematangsiantar," katanya.

Turnamen bertujuan untuk menumbuhkan serta memasyarakatkan dan menggairahkan kembali olah raga catur di Kota Pematangsiantar. 

"Juga menggali potensi pemain catur berbakat dari setiap kecamatan, serta menambah pengalaman bertanding atlet catur Kota Pematangsiantar dan mencari bibit-bibit atlet dari kalangan pelajar," tukasnya.

Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA mengapresiasi pengurus Percasi yang telah menyelenggarakan Turnamen Catur Piala Bergilir Wali Kota Pematangsiantar dan Piala Tetap Ketua Percasi Kota Pematangsiantar. 

"Permainan catur ini dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Catur juga olah raga mengasah otak antar dua orang pemain yang langkah dan strategi ditentukan kepiawaian membaca gerakan catur lawan tanding," jelasnya.

Talenta-talenta para pemain catur ini dapat dipersiapkan untuk ajang-ajang kejuaraan regional, nasional, maupun internasional. 

Karena itu, Pemko Pematangsiantar akan mendukung penuh kegiatan olah raga yang sifatnya positif seperti kegiatan yang dilaksanakan Percasi Pematangsiantar yang membangun antusias masyarakat melalui turnamen dan pembinaan para atlet catur kategori umum dan kategori pelajar.

Susanti berharap sinergi dan kolaborasi Percasi dengan Pemko Pematangsiantar harus ditingkatkan. 

Dengan demikian para atlet catur nantinya bisa menjadi yang terbaik dan mengharumkan nama Kota Pematangsiantar.

"Apalagi Pekan Olah Raga Nasional, Sumatera Utara menjadi tuan rumah," tandasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Piala Bergilir, Piala Tetap, Sertifikat, dan uang oembinaan kepada para pemenang turnamen Catur Percasi Non Master se-Kota Pematangsiantar oleh Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA didampingi Ketua Pengkot Percasi Pematangsiantar Astronout Nainggolan, mewakili Kajari Kota Pematangsiantar Rahmad SH, mewakili Kapolres Pematangsiantar, dan mewakili Dandenpom I/1 Pematangsiantar. 

Adapun pemenang Turnamen Catur Percasi Non Master se-Kota Pematangsiantar yakni kategori pelajar: Juara 1 Gerhard Parapat dari SMA Negeri 6 Pematangsiantar, juara 2 Jose Simbolon dari SMA Negeri 2 Pematangsiantar, dan juara 3 Edwin Siregar dari SMA DEL Balige.

Sedangkan pemenang Kategori Umum: juara 1. Tumpal Sianipar dari Siantar Marihat, juara 2 Patuan Philip Panjaitan dari Siantar Selatan, dan juara 3 Tira Sidauruk dari Siantar Timur. (Ari)