Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 28 September 2022, 11:35 WIB
Last Updated 2022-09-29T05:03:35Z
CSRDairiDPMTambang

Dorong Minat Baca Anak, DPM Fasilitasi 3 Rumah Baca di Desa Longkotan - Dairi

Foto bersama usai penyerahan CSR secara Simbolis. (Foto/Rudi).

DAIRI, Silima Pungga-pungga - nduma.id

PT. Dairi Prima Mineral (DPM) di Kabupaten Dairi Sumatera Utara menyalurkan Program Corporate Social Responsibility (CSR), Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) tahun 2022.

Program di salurkan melalui renovasi dan pengadaan rumah baca di  Sekolah Dasar Negeri 034809, Paud Grace dan Paud Pengajian Kasah di Desa Longkotan Kecamatan Silima Pungga-pungga.

Secara simbolis serah terima di gelar di kantor Desa Longkotan di hadiri Muspika dan Managemant PT Dairi Prima Mineral, Rabu (28/9/2022).

"Dari gagasan ini diharapkan semua bisa mendapatkan manfaatnya, dimulai dari hal yang kecil. Baik itu DPM, masyarakat maupun pemerintah," kata Lois, perwakilan dari PT DPM, Rabu (28/9/2022).

Penyaluran CSR di harapkan bisa membantu dan membangun masyarakat khususnya lingkar tambang untuk menjadi manusia yang unggul.

"Kalau bukan kita mulai sekarang, kapan lagi bisa kita mulai," ujar Lois.

Foto bersama di Paud Grace. (Foto/Rudi).

Kehadiran rumah baca nantinya diharap mampu menumbuhkan kegiatan belajar mandiri anak dan menjadi langkah awal perjalanan menuju pencerahan. 

Dari sistem pendidikan yang baik, akan menciptakan generasi muda yang kreatif, produktif, dan inovatif yang mampu menghadapi dan menyelesaikan tantangan pembangunan di masa yang akan datang.

Selain Rumah Baca, ada juga bantuan honor kepada 1 guru di sekolah selama 6 bulan kedepan.

"Yang di bantu 1 juta perbulan selama 6 bulan kedepan, dan untuk bulan ke tujuh kita harapkan  sudah mandiri," kata Manager External DPM, Agung Wibowo.

Budianto Situmorang CSR Koordinator mengatakan pendidikan merupakan salah satu dari 8 pilar program CSR PPM PT DPM.

Kepala Desa Longkotan mengapresiasi perhatian perusahaan untuk pembangunan pendidikan di daerahnya.

Kepala sekolah SD Negeri 034809, Asmarina Karosekali menilai bantuan yang di berikan PT DPM sudah tepat, karena sesuai program Gubernur Sumatera Utara tahun 2022 adalah peningkatan literasi dengan Gerakan Sumut Membaca.

"Jadi apa yang di berikan DPM sudah sesuai dengan program pemerintah. Mudah-mudahan rumah baca bisa bermanfaat sesuai program gubernur untuk meningkatkan literasi, minat baca," katanya.

Asmarina juga mengusulkan kedepan PT DPM juga bisa memberikan perhatian terkait kesehatan dan jasmani anak-anak di Desa Longkotan.

Dia melihat pertumbuhan anak-anak di desa itu masih kurang.

"Kalau bisa juga nanti DPM memfasilitasi untuk puding anak-anak kami. Mungkin 1 kali seminggu. Kalau mental itu urusan kami di sekolah," tungkasnya.

Kedepan, DPM di harapkan semakin jaya dan di pimpin oleh orang-orang yang bijaksana.

Julkarnain Cibro perwakilan Paud Pengajian Kasah meminta agar Desa Longkotan menjadi prioritas pembangunan PT DPM karena merupakan pusat aktifitas perusahaan.

Manager External DPM, Agung Wibowo memberikan perlengkapan rumah baca. (Foto/Rudi)

Sedangkan Marihot Silaen, perwakilan Paud Grace mengaku seratus persen mendukung program PT DPM.

Sahbin Cibro sebagai perwakilan dari pemangku Hak Ulayat Marga Cibro mengatakan kerja sama yang baik antara perusahaan dan masyarakat setempat sudah berlangsung lama.

"Selama ini memang ada hambatan mudah-mudahan kedepan tidak ada lagi dan kita sangat mengharapkan supaya perusahaan ini bisa segera beroprasi. Kegiatan DPM supaya bisa cepat berjalan. Kuncinya kerjasama yang baik dengan masyarakat di sini," ujarnya.

Camat Silima Pungga-punga Horas Pardede berharap kedepan PT DPM bisa lebih terintegrasi dengan pemerintah, khusunya penyusunan program ke masyarakat.

"Jadi saya usul Kedepan dalam menyusun program berkolerasi dengan pemerintah kecamatan namun dari tujuan utamanya kami apresiasi. Itu harapan kami semoga DPM cepat buka kalau saya sendiri mendukung investor masuk," tungkasnya. (nd1).