Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Minggu, 23 Oktober 2022, 10:39 WIB
Last Updated 2022-10-25T00:43:59Z
PahlawanPejuangSiantar

DHC BPK 45 Pematang Siantar Diminta Jadi Tempat Pemuda Belajar Nilai Kejuangan

Penyerahan patak kepada ketua DHC BPK Pematang Siantar. (Foto/Ari)

Pematang Siantar - nduma.id

Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan (DHC BPK) 45 Kota Pematang Siantar diharapkan menjadi tempat generasi muda belajar dari para senior dan pelaku sejarah tentang nilai kejuangan.

Demikian harapan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA yang disampaikan dalam sambutannya saat menghadiri acara Pelantikan Kepengurusan DHC BPK 45 Kota Pematang Siantar Periode 2021-2026, di Aula Sugiono Mako Brimob Subden 2B Pematang Siantar, Sabtu (22/10/2022).

"Semoga pelantikan ini menjadi momentum bagi seluruh pengurus DHC BPK 45 Kota Pematang Siantar untuk menunjukkan komitmen dalam bekerja dan berkarya, menjalankan serta melaksanakan program-program yang telah disusun demi kemajuan organisasi DHC BPK 45," kata wali kota.

Wali Kota Susanti juga mengharapkan, jajaran pengurus semakin giat merangkul generasi muda untuk bergabung.

Sebab nasionalisme dan semangat kejuangan tidak cukup hanya dimiliki generasi tua dan pelaku sejarah.

"Tidak bisa dipungkiri, saat ini tonggak perjuangan ada di tangan generasi muda atau kaum milenial. DHC BPK 45 memikul tanggung jawab besar untuk merawat, melestarikan, dan menularkan kepada segenap anak bangsa bersama komponen masyarakat lainnya agar nilai-nilai tersebut tidak pudar dan semakin menguat dalam rangka meneguhkan dan memperkokoh Indonesia sebagai negara yang berdaulat, mandiri, dan bermartabat," terangnya.

Pemuda dikatakan memiliki andil untuk ikut berkontribusi dalam mewujudkan jiwa dan semangat serta nilai-nilai nasionalisme serta patriotisme.

Walikota berharap DHC BPK 45 Kota Pematang Siantar semakin solid dan maju, serta memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Dia mengajak untuk senantiasa bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi, serta memberikan dukungan dalam program-program pembangunan Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar, khususnya yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.

Ketua Panitia Janes Boang Manalu mengatakan, pelantikan kepengurusan DHC BPK 45 Kota Pematang Siantar Periode 2021- 2026 telah direncanakan.

Kegiatan tersebut, didukung penuh oleh Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani dan Ketua Dewan Paripurna Cabang 45 H Kusma Erizal Ginting SH.

"Kami juga mengucapkan selamat datang kepada Ketua Umum DHD BPK 45 Provinsi Sumatera Utara Mayjen TNI (Purn) M Hasyim beserta rombongan. Semoga ke depan pengurus yang dilantik dapat memberikan manfaat untuk kemajuan Kota Pematang Siantar," katanya.

Ketua DHC BPK 45 Kota Pematang Siantar Lukman Boyke Girsang SH menyebutkan DHC BPK 45 siap membantu untuk mengangkat dan membangkitkan nilai-nilai luhur kejuangan.

Begitu juga dengan berkembang pesatnya digitalisasi dan elektronisasi, sehingga membuat generasi muda harus berjuang dan berpacu untuk menjaga ketertinggalan dari semua era globalisasi industri, pendidikan, pekerjaan, dan lainnya.

"DHC Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Kota Pematang Siantar siap bermitra, bersinergi, dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Pematang Siantar dalam hal kegiatan sosial masyarakat.  Begitu juga untuk melestarikan serta mengangkat hasrat masyarakat di bidang kebudayaan dan tidak lupa dengan cagar budayanya, terlebih untuk membangkitkan semangat juang generasi muda saat ini," terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum DHD BPK 45 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Mayjen TNI (Purn) M Hasyim menyampaikan pelaksanaan pelantikan kepengurusan sudah tertunda cukup lama karena berbagai kendala.

“Untuk itu kita bersyukur hari ini dilaksanakan pelantikan sebagai simbol pengukuhan dan legalisasi kepengurusan sehingga bisa beraktivitas maksimal," sebutnya.

Ia yakin, di bawah kepemimpinan Lukman Boyke Girsang SH, DHC BPK 45 Kota Pematang Siantar akan mampu dan sukses mengibarkan panji-panji DHC BPK 45 di Pematang Siantar.

"Pancarkanlah sinar kebangsaan dan nasionalisme untuk menjaga dan mengawal Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal ika," sebutnya.

Hasyim juga menceritakan keberadaan Dewan Harian 45 dari aspek kesejarahan, yang diawali dari pertemuan di Gedung Proklamasi Jalan Pegangsaan Timur No 56 Jakarta.

Di saat itu, Presiden Soekarno memimpin langsung pertemuan para Eksponen 45 dan pada 18 November 1959 sepakat menyatukan seluruh Eksponen 45 dalam satu wadah Badan Musyawarah Angkatan 45.

Tugas utamanya waktu itu, melaksanakan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945, revolusioner, ikhlas, aktif, dan konsekuen berjuang melawan imperialisme, kolonialisme, dan sisa-sisa feodalisme untuk Indonesia menuju masyarakat yang demokratis adil dan makmur.

Prosesi Pelantikan diawali Pembacaan Surat Keputusan Nomor: 212/SKEP/A-45/SU/IV/2021 tentang Pengesahan Kepengurusan Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Kota Pematang Siantar Masa Bakti 202–2026 oleh Sekretaris Umum Dr Eddy Syofian MAP. Dilanjutkan dengan pelantikan oleh Ketua Umum DHD BPK 45 Provinsi Sumut Mayjen TNI (Purn) M Hasyim.

Adapun pengurus DHC BPK 45 Kota Pematang Siantar Periode 2021-2026 yang dilantik sebanyak 45 orang.

Ketua Dewan Paripurna Cabang H Kusma Erizal Ginting, Wakil Ketua Letkol (Purn) Sy Marpaung, anggota Kapten (Purn) Kardiman Marbun, Drs H Muhammad Ali Lubis, Badri Kalimantan SE MM, Drs Koni Ismail Siregar, dan Drs Chaidir Sitompul.

Kemudian, Pengurus DHC BPK 45: Ketua Lukman Boyke Girsang SH, Wakil Ketua I DR Hisarma Saragih SH MHum, Wakil Ketua II DR Ir Robert Siregar Phd, Wakil Ketua III Ir Antonius Damanik MSc, dan Wakil Ketua IV Janes Boang Manalu.

Sekretaris Drs Azhar Nasution, Wakil Sekretaris I Abdul Rasyid SPd MM, Wakil Sekretaris II Christivani V Girsang SST, Bendahara Rasta Aliya Ginting SKM, dan Wakil Bendahara Nita Situmorang MKes, serta ketua dan anggota di setiap bidang.

Kemudian, penyerahan pataka oleh Ketua Umum DHD BPK 45 Provinsi Sumut Mayjen TNI (Purn) M Hasyim kepada Ketua DHC BPK 45 Kota Pematang Siantar Lukman Boyke Girsang SH, sekaligus Pembacaan Kode Etik Dewan Harian Nasional 45.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Susanti, Ketua Dewan Paripurna Cabang 45 H Kusma Erizal Ginting, dan Ketua DHC BPK 45 Kota Pematang Siantar Lukman Boyke Girsang SH, Sekretaris, Drs Azhar Nasution, dan Bendahara Rasta Aliya Ginting SKM, menerima Kartu Anggota secara simbolis dari Ketua Umum DHD BPK 45 Provinsi Sumut Mayjen TNI (Purn) M Hasyim.

Acara diawali penyambutan dengan tarian Simalungun dan tarian Tortor Sombah oleh siswi SMA Negeri 6 Pematang Siantar.

Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi SSos MM, anggota DPRD Pematang Siantar Boy Iskandar Warongan, para perwakilan Forkopimda Kota Pematang Siantar, beberapa pimpinan OPD di Kota Pematang Siantar, camat, dan lurah, serta para pimpinan dan pengurus OKP dan organisasi masyarakat di Kota Pematang Siantar. (Ari ).