Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 29 Oktober 2022, 23:22 WIB
Last Updated 2022-10-29T16:59:44Z
DairiDPR RIKPUPemiluPilkada

KPU Dairi “Ngopi” Bareng Pemuda

KPU Dairi sosialisasi pemilu kepada pemuda Dairi. (Foto/Fajar)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Dairi, Sumatera Utara menggelar sosialisasi pemilih muda, Sabtu (29/10/2022).


Acara di kemas dengan tajuk 'Ngopi Bareng Pemuda Dairi' atau Ngobrol Pemilu Bareng Pemuda Dairi, bertempat di Coffee Drip Jalan Merdeka, Kelurahan Sidikalang, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi.


Acara mengundang narasumber Ketua KPU Kabupaten Dairi, Freddy Sinaga dan Ketua Komisi II DPR RI Fraksi Golkar Ahmad Doli Kurniawan Tanjung.


“Ini bagian dari pada sosialisasi KPU terkait dengan tahapan pemilu tahun 2024 dimana kita kemas acara ini lebih santai makanya di judulnya adalah ngopi,” kata Freddy Sinaga.


Giat itu menyasar  pemuda yang ada di Kabupaten Dairi dengan mengundang beberapa perwakilan dari organisasi kepemudaan.


Harapannya, pemuda bisa berperan mensukseskan pemilu 2024 mendatang, menjadi pemersatu, meminimalisir perpecahan dan membuat demokrasi semakin lebih dewasa.


“Seperti kemarin moment Sumpah Pemuda, dan disitu ada peran pemuda yang membuat Indonesia ini merdeka dan demokrasi Indonesia pun juga semakin lebih dewasa. Jadi karena itu juga peran pemuda ini yang kita harapkan untuk kepemiluan, terkhususnya di Kabupaten Dairi,” tutur Freddy.


Selain pemuda, tahapan sosialisasi nantinya juga akan di gelar kepada pemilih pemula seperti pelajar SMA yang belum pernah memilih pada tahun 2019, kepada tokoh masyarakat dan tokoh adat.


“Itu juga akan kita lakukan karena kita juga belajar. Pilkada 2018 itu berhasil dengan damai, itu karena peran semua elemen,” tutur Freddy.


Karena pemilu mendatang digelar pada 14 Februari atau bertepatan valentine day, Freddy mengajak masyarakat untuk melaksanakan pemilu dengan penuh damai dan cinta.


“Bahkan siapapun nanti yang terpilih itu tetap dengan penuh damai dan cinta. karena pada pemilu ini adalah tepat pada 14 Februari jadi harus penuh dengan damai,” tungkasnya.


Ketua Komisi II DPR RI Fraksi Golkar Ahmad Doli Kurniawan Tanjung melihat kegiatan sangat positif.


Karena dinilai cukup membantu masyarakat khususnya pemuda untuk memberikan pemahaman terkait pemilu 2024.


“Menghadapi Pemilu 2024 yang sebetulnya tidak mudah ya, pemilu yang sangat Kompleks pemilu yang sangat berat lah kalau bisa begitu ya, yang memerlukan dukungan semua pihak dan semua pihak harus paham tentang pemilihan akan datang itu akan seperti apa,” kata Ketua Komisi II DPR RI Fraksi Golkar itu.


Tahun 2024 mendatang katanya Indonesia akan pertama kali melaksanakan tiga jenis Pemilu secara bersama dan berdekatan, serentak Se-Indonesia di 37 Provinsi dan 508 Kabupaten - Kota.


Pada 14 Februari 2024 menggelar  pemilihan Legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden.


Sedangkan 27 November 2024 menggelar pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.


Saat ini kata Dolly semua sedang mempersiapkan diri.


“Kami  DPR RI juga terus memonitor, dari segi regulasi kita kan terus mendukung berkoordinasi dengan teman-teman KPU dan Bawaslu. Sedang mempersiapkan peraturan lebih teknis, PKPU dan Perbawaslu,” ujarnya.


Doli berharap khususnya kepada pemuda dan mahasiswa, sebagai masyarakat yang terdidik bisa menyampaikan pengetahuan yang mereka dapatkan kepada masyarakat lain.


Agar masyarakat bisa bersiap menghadapi penyelenggaraan pemilu 2004 mendatang.


“Pemuda Mahasiswa inikan masyarakat yang terdidik, ya. Mereka tentu lebih mudah mencerna perkembangan, menyerap informasi ya, adanya perubahan-perubahan itu. dengan kemampuan itu kita harapkan mereka juga bisa menyampaikan pengetahuan yang mereka dapatkan untuk mereka sampaikan kepada masyarakat yang lain supaya masyarakat itu bersiap menghadapi penyelenggaraan pemilu 2004,” tungkanya.


Giat 'Ngopi Bareng Pemuda Dairi' itu di hadiri Komisioner KPU Dairi, Jenny Solin, Asih Firmansyah Solin, Ariyanto Tinendung.


Sekretaris KPU Dairi, Bisler  Padang. Wakil Ketua DPRD Pakpak Bharat Elson Angkat dan Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani.


Tamu undangan dan peserta sosialisasi dari HMI, Ansor, GAMKI, PMII, GMNI, Gempar (Gerakan Mahasiswa Pakpak Bharat). (nd1)