Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 29 Oktober 2022, 11:58 WIB
Last Updated 2022-10-29T04:58:33Z
BawasluPanwascamPemiluSiantar

Panwascam Siantar di Lantik, Walikota Minta Bekerja Profesional dan Netral

Foto bersama usai pelantikan Panwascam Siantar. (Foto/Ari).

Pematang Siantar - nduma.id


Sebanyak 24 Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) se-Kota Pematang Siantar di lantik, di Ballroom Hotel Horison Pematang Siantar, Jumat (28/10/2022).


Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA yang hadir di pelantikan berharap panwascam bekerja maksimal, profesional, dan bersikap netral. 


Tujuannya demi menghasilkan Pemilihan Umum tahun 2024 yang demokratis, langsung, umum, bebas, dan rahasia, serta jujur dan adil.


Panwascam juga di harapkannya dapat bekerja secara maksimal, sesuai tugas dan amanah yang diemban. 


Bekerja dengan penuh tanggung jawab, teliti, jujur, adil, dan independen, serta menjaga netralitas.


Dengan menjaga netralitas, katanya, Panwascam akan selalu mendapatkan kepercayaan publik sebagai penyelenggara pemilu, khususnya dalam hal pengawasan. 


"Kepada Panwascam yang telah dilantik, agar berpacu dengan waktu untuk segera berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di wilayah masing-masing, mengusulkan Sekretariat Panwascam, menyusun program kerja dan kegiatan dalam melaksanakan tahapan-tahapan pemilihan," kata wali kota.


Salah satu kunci kesuksesan dan keberhasilan pelaksanaan Pemilu katanya adalah dengan melakukan pendekatan, baik pendekatan kepada pemerintah daerah, partai politik, forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan lainnya. 


Sebab kedekatan penyelenggara Pemilu, termasuk pengawas, dengan partai politik dan masyarakat sangat berpengaruh terhadap penyelenggaraan pemilihan umum yang lancar, aman, sukses, bermutu, dan berkeadilan.


"Saudara-saudari adalah orang-orang pilihan yang sesuai kriteria Bawaslu melalui kompetisi yang sehat," sebutnya.


Tampak hadir, Ketua DPRD Kota Pematang Siantar diwakili anggota DPRD Ferry Sinamo, Kapolres Pematang Siantar diwakili Kasat Reskrim AKP Banuara Manurung, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Pematang Siantar diwakili Rahmat, dan Ketua KPU Kota Pematang Siantar Daniel Sibarani. (Ari)