DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Selasa, 18 Oktober 2022, 17:41 WIB
Last Updated 2022-10-21T10:44:27Z
KonserPaduan SuaraPakpak Bharat

Paduan Suara Pakpak Bharat Choir Tampil di Konser Toba Harmoni

Tim Paduan Suara Pakpak Bharat Choir. (Foto/Kominfo Pakpak Bharat)

PAKPAK BHARAT, Salak – nduma.id


Tim Paduan Suara Pakpak Bharat Choir kembali menggetarkan panggung hiburan music Tanah Air.


Tampil dalam satu panggung bersama sejumlah musisi lokal maupun nasional di konser Toba Harmoni, grup paduan suara kebanggaan Pakpak Bharat ini membawakan lagu Daerah Pakpak “ Meraleng Tendi” mampu membius para penonton yang memadati Santika Dyandra Convention Centre, Medan malam itu (15/10/2022).


Konser yang mengusung tema musik etnis dengan sajian internasional itu turut dimeriahkan oleh DJ Clifrs, Lyodra Ginting, Viky Sianipar, Alsant Nababan, Ogar Nababan, Indra Jegel, dan Maria Calista Pasaribu dan sejumlah artis dan musisi ternama lainnya.


“Tampil bersama musisi-musisi hebat ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami, lewat konser Toba Harmoni kita ingin membuktikan kalau Pakpak Bharat adalah sarangnya musisi berbakat, terlebih dengan berkolaborasi, kita hadirkan sesuatu yang berbeda, yaitu karya yang luar biasa,” kata Macistina Irene Lumban Raja, Arranger paduan suara Pakpak Bharat Choir.


Penampilan tim paduan suara Pakpak Bharat Choir ini kian lengkap dengan hadirnya seorang Mardi Boangmanalu, musisi asli Pakpak Bharat yang mengiringi penampilan paduan suara Pakpak Bharat Choir dengan alunan music lobatnya.


Alat Musik tiup khas tanah Pakpak ini mengalun merdu, mendayu-dayu sepanjang penampilan Pakpak Bharat Choir dalam gelaran ini.


Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor yang turut menyaksikan penampilan paduan suara ini bersama istri, Juniatry Franc Tumanggor mengungkapkan rasa bangganya atas penampilan tim paduan suara ini.


Diketahui paduan suara Pakpak Bharat Choir ini merupakan paduan suara binaan Bupati Pakpak Bharat bersama sang istri yang juga merupakan ketua TP PKK Pakpak Bharat.


“Kita patut berbangga atas penampilan mereka ini, para musisi-musisi terbaik Pakpak Bharat yang bergabung  hari ini, teruslah berkarya, bahwa Pakpak Bharat harus senantiasa mengisi berbagai bidang di kancah tanah air, baik dalam bidang tarik suara, olah raga dan prestasi lainnya,” ucap bupati.


Bupati juga menjelaskan sekilas tentang lau meraleng tendi, lagu yang dibawakan paduan suara Pakpak Bharat Choir dalam acara ini.


Lagu meraleng tendi adalah lagu pakpak yang sakral untuk acara ritual mengembalikan tendi atau jiwa seorang anak yang hilang diyakini karena terkejut dan sebab lainnya.


Sementara itu Gandua Peppada Rm, Pu Manik, SAP, Ketua Pakpak Bharat Choir sendiri mengakui bahwa prestasi besar yang mereka gapai tidak lepas dari peran besar bupati bersama ketua TP PKK Pakpak Bharat yang banyak memberikan motivasi bagi timnya.


“Tentunya ini merupakan kesempatan yang sangat besar untuk menunjukkan tentang musik Pakpak dan warna lain tentang lagu "mraleng tendi" yang dikemas dalam bentuk paduan suara, kami dari Pakpak Bharat choir mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati dan pembina kami ibu Junatry Franc Tumanggor yang selalu memberikan dorongan dan kesempatan kepada kami untuk terus berkembang,” ucapnya.


Tim Paduan Suara Pakpak Bharat Choir sendiri bukanlah nama baru di dunia music tanah air.


Dalam ajang “The 11 Bali International Choir Festival” beberapa waktu lalu, tim paduan suara ini mampu meraih dua medali emas dengan mengalahkan banyak pesaing dari puluhan Negara-Negara dunia.


(Kominfo Pakpak Bharat/nd1).