Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Selasa, 04 Oktober 2022, 08:45 WIB
Last Updated 2022-10-05T14:44:56Z
Dairi

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Hinca Panjaitan Ajak Pertahankan Adat Istiadat di Dairi

Pembagian pupuk organik cair kepada masyarakat. (Foto/Markus).

DAIRI, Siempat Nempu Hulu - nduma.id

Anggota DPR - MPR RI  Komisi III, Dr.Hinca IP Panjaitan SH MH.ACCS, kembali turun ke daerah pemilihannya, menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan, Kamis 22 September 2022 lalu.


Politisi berkalung ulos ini berjumpa dengan masyarakat di desa sungai Raya Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi Sumatera Utara.


Disana Hinca di dampingi Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman  beserta pejabat utama dari kepolisian.


"Saya adalah wakil Bapak dan Ibu sekalian di pusat, sebagai wakil rakyat, perkenankan saya memperkenalkan diri,” sapa Hinca, membuka acara disana.


Dia meminta Tokoh Masyarakat bisa menyampaikan semua aspirasinya.


Sosialisasi IV Pilar kebangsaan dikatakan kewajiban dan merupakan kerja di luar gedung  parlemen yang harus di lakukan.


Kepada masyarakat, Politisi Partai Demokrat itu  berbicara tentang Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, NKRI serta terkait Bhineka Tunggal Ika.


Hal yang paling di tekankan adalah terkait budaya yang tertuang di undang undang dasar pasal 32.


Karena itu Hinca mengajak masyarakat untuk terus mempertahankan adat istiadat setempat khusunya Pakpak. 


Politisi berdarah batak itu menilai budaya adalah nomor satu yang harus terus di perjuangkan, dan politik adalah cara memperjuangkannya, baik budaya untuk lepas dari kemiskinan, budaya lepas dari kebodohan, budaya hormat menghormati serta budaya yang di turunkan dari leluhur.


Dengan mempertahankan budaya kata Hinca, permasalahan masyarakat bisa selesai di ranah ketua-ketua adat tanpa harus sampai ke penegak hukum.


"Ketua-ketua adat adalah orang-orang yang paling di hormati di masyarakat sehingga ini bisa menjembatani persoalan-persoalan masyarakat," ucap Hinca 


Apalagi kata Hinca di antara masyarakat suku Pakpak masih memegang teguh Sulang Silima, yang berperan mengambil keputusan dalam acara adat, begitu juga dalam aspek kekerabatan di dalam masyarakat Pakpak.


Hinca juga meminta Tokoh Masyarakat bisa menyampaikan semua aspirasi agar bisa di berikan solusi.


Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan itu diwarnai dengan pemberian pupuk organik kepada masyarakat.


Dr. HincaI IP Panjaitan adalah Anggota DPR - MPR RI  Komisi III, mewakili daerah pemilihan sumatera utara III meliputi  10 kabupaten kota,  Asahan, Simalungun, Tanjung Balai, Batu-bara, Karo, Dairi , Langkat, Binjai,  kota Pematang Siantar dan Pak Pak Bharat. (nd1).